Ilustrasi mangga (Sumber gambar: Avinash Kumar/Unsplash)

3 Resep Olahan Mangga yang Lezat, Bisa Jadi Hidangan Manis hingga Gurih!

16 November 2022   |   10:51 WIB

Siapa yang tak tahu buah mangga. Sangat terkenal sebagai buah camilan di Indonesia, mangga memang kaya akan vitamin dan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi yang bisa menjadi sumber karbohidrat. Mangga juga menjadi sumber vitamin A, vitamin C, dan vitamin K serta sebagai buah yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Rasanya yang manis dan asam berpadu dengan daging buah yang lembut, membuat siapa pun jarang menolak buah asal India tersebut. Biasanya, buah berwarna kuning ini langsung dikonsumsi setelah dikupas. Namun, jika kamu bosan mengonsumsi mangga dengan cara biasa, ada beberapa olahan mangga untuk masakan manis hingga gurih yang patut dicoba. Yuk simak bahan dan cara buatnya! 

Baca jugaResep Pisang Goreng Bu Nanik yang Laris Manis, Recook Yuk!
 

Mango Sticky Rice (Sumber gambar: Huahom/Pixabay)

Mango Sticky Rice (Sumber gambar: Huahom/Pixabay)


1. Mango Sticky Rice

Genhype pasti sudah mengenal kuliner bernama mango sticky rice. Makanan asal Thailand ini cukup digemari banyak warga Indonesia. Cita rasa khas dengan paduan manis dan gurih dihadirkan dalam satu sajian piring . Untuk bahan-bahannya, cukup siapkan mangga, beras ketan, santan kelapa, daun pandan, garam dan gula secukupnya.

Cara membuatnya, cuci dan kukus beras ketan dengan air hingga airnya menyusut kira-kira 20 menit. Saat air menyusut, masukkan santan serta gula dan garam secukupnya ke dalam panci lalu aduk. Tambahkan daun pandan yang sudah diikat untuk menambah aroma harum lalu diamkan hingga matang. Potong-potong buah mangga dan sajikan bersama ketan yang sudah matang di atas piring.
 

2. Puding Mangga

Resep sederhana olahan mangga lainnya bisa dilakukan dengan membuat puding. Makanan yang lembut dan manis ini cocok dijadikan hidangan camilan sore. Untuk bahan-bahannya kamu hanya memerlukan mangga, gula, air secukupnya, dan agar-agar bubuk.

Pertama, kupas mangga lalu blender hingga lembut. Nyalakan kompor, masukkan agar-agar dan air dengan takaran sesuai dengan api sedang. Jika sudah sedikit mengental, campurkan mangga yang sudah dihaluskan lalu aduk hingga rata. Matikan kompor, lalu tuangkan agar-agar mangga ke dalam cetakan untuk diletakkan di kulkas. Pudding mangga sudah bisa dinikmati ketika teksturnya mulai padat.
 

3. Sambal Mangga

Selain makanan manis, mangga juga bisa diolah menjadi masakan yang gurih dan pedas seperti sambal. Sambal mangga identik dengan rasa pedas dan asam yang sangat cocok dikonsumsi dengan nasi dan lauk pauk. Siapkan mangga muda, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit, terasi serta gula merah secukupnya.

Untuk membuatnya, kupas mangga lalu serut hingga berbentuk tipis panjang. Ambil cobek, haluskan bahan lainnya hingga bertekstur kasar. Kemudian, campurkan mangga yang sudah diserut ke dalam sambal yang bertekstur kasar. Kemudian ulek hingga teksturnya halus sembari diaduk hingga merata. Sambal mangga siap disajikan! 

Baca jugaResep Tumis Daging Brokoli, Bisa Jadi Menu Bekal Sekolah Anak-Anak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Marak Investasi Bodong, Cek 5 Hal Ini sebelum Berinvestasi

BERIKUTNYA

Vakum 23 Tahun, The Hours of Silence Comeback dengan Single Headlong Journey (Quarantine)

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: