Melly Goeslaw (tengah) berhasil menurunkan berat badan. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Mau Kurus Seperti Melly Goeslaw? Segini Biayanya

11 November 2022   |   22:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Upaya penurunan berat badan yang dijalani Melly Goeslaw ternyata membutuhkan biaya besar. Adapun musisi tersebut menjalani prosedur bedah bariatrik untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Bedah bariatrik merupakan adalah proses bedah dengan memodifikasi saluran cerna pasien yang menyebabkan makanan tidak melewati usus dua belas jari (Roux en Y gastric bypass) atau melewatinya dengan lebih cepat (Sieeve gastrectomy). Proses ini menyebabkan terjadinya peningkatan hormon GLP-1 yang memperbaiki metabolisme gula oleh insulin. 

Ketika metabolisme gula oleh insulin diperbaiki, dapat membantu menghilangkan rasa lapar pasien, memodifikasi profil hormon pasien sehingga lebih efektif bekerja, hingga membantu mengurangi kalori yang diserap tubuh.

Baca jugaKupas Tuntas Bedah Bariatrik, Prosedur Potong Lambung yang Dilakukan Melly Goeslaw

CEO RS Pondok Indah Group dr. Yanwar Hadiyanto menerangkan biaya prosedur pembedahan ini sekitar Rp100 juta. “Kira-kira ya memang kalau mau jujur masih sekitar 100 (juta), nggak sampai 200 (juta),” ujarnya kepada Hypeabis.id, Jumat (11/11/2022). 

Kendati demikian, besarnya biaya sejatinya tergantung pada kondisi pasien dan metode bedah bariatrik yang dipakai. Setidaknya ada tiga jenis bedah bariatrik yang disediakan di RS Pondok Indah, diantaranya sleeve gastrectomy, Roux en Y gastric bypass, dan single anastomosis duodeno-ileal bypass with sleeve gastrectomy (SADI).

Adanya penyakit penyerta juga menjadi tolak ukur biaya. Semakin banyak penyakit penyerta, kata Yanwar persiapan semakin banyak. “Pemeriksaan semakin banyak itu akan menambah biaya tapi semakin banyak. Nanti kalau pasiennya banyak, pasti biayanya akan sedikit berkurang karena pasti ada komponen biaya yang akhirnya bisa semakin hemat,” tuturnya. 

Menurut Yanwar, sejatinya biaya bariatrik ini patut diperhitungkan karena efeknya bukan hanya menurunkan berat badan, namun memperbaiki kondisi komorbid yang dialami pasien. Lagipula pasca bedah, tidak ada perawatan signifikan yang perlu dilakukan. Tidak ada obat yang dikonsumsi secara kontinu bahkan dalam jangka panjang. 

Spesialis bedah subspesialis bedah digestif RS Pondok Indah, dr. Peter Ian Limas, mengungkapkan dengan melakukan bedah bariatrik, kondisi penderita diabetes dan hipertensi bisa lebih membaik walaupun masih terbilang abu-abu. Semua tergantung pada kondisi pasien. 

“Tergantung berapa lama diabetesnya. Kalau makin cepat, makin bagus. Kalau dihitung semuanya bagus, habis operasi gejalanya (diabetes) hilang. Artinya diabetnya terkontrol. Hipertensi akan turun, tapi butuh waktu lebih lama, mungkin 70-75 persen,” jelas Peter. 

Musisi Melly Goeslaw diketahui berhasil menurunkan berat badannya secara drastis pasca melakukan bedah bariatrik dengan metode sleeve gastrectomy. Ini merupakan tindakan pemotongan lambung kurang lebih sebanyak 85 persen sehingga didapatkan ukuran lambung yang lebih kecil. 

Dilakukan dengan teknik minimal invasive laparoskopi, memungkinkan rasa nyeri yang dirasakan lebih minimal, risiko komplikasi pasca tindakan lebih rendah, dan proses pemulihan berlangsung lebih cepat. 

“Alhamdulillah berat badan sekarang sudah turun dari 87 ke 64 turun 23 kilo dalam waktu 3 bulan lebih. Alhamdulillah puas banget,” tegas pelantun lagu Ada Apa Dengan Cinta Ini. 

Selain berat badannya turun, Melly mengaku kini pola hidupnya jauh lebih sehat. Dia bisa berhenti merokok dan tidur lebih cepat. Biasanya dia tidur sekitar pukul 02.00-03.00 WIB, kini pukul 10.00 WIB Melly sudah mengantuk dan tertidur pulas.

Baca jugaPotong 85 Persen Kapasitas Lambung, Melly Goeslaw Bisa Kenyang Cuma Makan 1 Sendok

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daftar Soundtrack Black Panther: Wakanda Forever, Ada Karya Rihanna & Bob Marley

BERIKUTNYA

Mau Nonton Konser Stray Kids? Simak Akses Menuju Beach City International Stadium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: