Melly Goeslaw yang menjelani bedah bariatrik. (Foto : Desyinta Nuraini)

Potong 85 Persen Kapasitas Lambung, Melly Goeslaw Bisa Kenyang Cuma Makan 1 Sendok

11 November 2022   |   20:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

Pola Makan Melly Berubah Drastis

Oleh karena kapasitas lambungnya mengecil, Melly menyebut kini tidak bisa lagi makan dengan porsi yang banyak. Nafsu makannya pun tidak seheboh dahulu.

Sebelum menjalani operasi ini, Melly terbilang orang yang suka makan dan ngemil. Terlebih saat pandemi Covid-19, dia menerima banyak endorse makanan dan camilan yang membuat berat badannya naik signifikan. Belum lagi dia selalu tergiur ketika melihat konten mukbang.

“Aku kan korban TikTok, semua yang mukbang gue beli, sekarang sedikit banget, satu sendok makan itu udah sama lauk pauk,” ungkap Melly. 

Terkadang, satu sendok pun menurutnya berlebih jika ditambah dengan air. “Tapi kalau misalnya di tengah-tengah aku baru dua cubitan, aku minum, berarti lambungnya udah kepakai sama minum itu, nggak bakalan habis 1 sendok tapi nanti 2 jam kemudian ya makan lagi,” bebernya. 

Walaupun demikian, Melly menyebut tidak ada pantangan makan pasca menjalani bedah bariatrik. Namun pola pikirnya pun berubah. Dia menyebut terlalu sayang untuk memasukkan makanan yang akhirnya menjadi limbah di lambungnya yang kini kecil. 

“Jadi yang aku masukin rata-rata semua yang mengandung protein tinggi, kebanyakan healthy food. Camilan juga aku sekarang buah-buahan, jadi suka tomat jeruk pokoknya apapun yang seger itu enak,” terangnya. 

Istri dari Anto Hoed ini pun menyebut kini memiliki alarm alami. Ketika terasa kenyang, dia langsung  berhenti makan. 

Setidaknya kini dia makan 5 kali dalam sehari dalam porsi kecil. Saat pagi, dia memilih sarapan dengan 4 potong pepaya. Setelah itu minum teh panas atau susu protein supaya tidak kekurangan nutrisi. Sebelum pukul 21.00 WIB pun, dia berupaya untuk stop makan.


Pemenuhan Gizi 

Spesialis bedah subspesialis bedah digestif RS Pondok Indah dr. Peter Ian Limas menyampaikan pasien pasca bedah bariatrik biasanya akan didampingi ahli nutrisi dan diingatkan mengkonsumsi lebih banyak protein. “Susu, daging. Membuat kebiasaan baru makan sedikit dan protein,” tegasnya.

Protein diketahui membantu pembentukan massa otot. “Kalau bisa seumur hidup makanannya lebih banyak protein,” tambah Peter.

Baca juga7 Makanan Sehat & Enak Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Resmi, Berikut Daftar Dewan Juri Akhir Festival Film Indonesia 2022

BERIKUTNYA

Daftar Soundtrack Black Panther: Wakanda Forever, Ada Karya Rihanna & Bob Marley

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: