Selain harganya yang lebih murah dan tidak membutuhkan perawatan khusus, gazebo dari bambu juga mudah dibentuk dan tahan dalam segala cuaca. (sumber gambar /Pixabay)

5 Ide Desain Gazebo Bambo yang Bisa Bikin Rumah Auto Nyaman

07 November 2022   |   17:43 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki tempat bersantai bersama keluarga memang menjadi impian semua orang. Salah satu hal yang bisa diwujudkan untuk hal tersebut adalah membuat gazebo. Kalian bisa memanfaatkan lahan kosong di depan atau belakang rumah untuk membuat bangunan tersebut.

Tak hanya jadi ruang alternatif, gazebo juga bisa dijadikan tempat bersantai. Dengan membuat gazebo Genhype bisa menikmati momen bersama keluarga di tempat terbuka. Gazebo biasanya ditempatkan di sekitar taman rumah sehingga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati waktu luang.

Baca juga: Biar Nyaman & Tenteram, Begini Cara Memilih Furnitur untuk Taman

Salah satu material untuk membuat gazebo adalah dengan menggunakan bambu. Selain harganya yang lebih murah dan tidak membutuhkan perawatan khusus, bambu juga mudah dibentuk dan tahan dalam segala cuaca. Jadi gazebo dengan material ini akan lebih awet.

Nah, bagi Genhype yang sedang mencari inspirasi desain gazebo, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber desain gazebo yang bisa diterapkan di rumah menggunakan material bambu. Dari bentuk sederhana hingga minimalis, yuk simak.
 

1. Gazebo Bambu Sederhana

Ingin memiliki gazebo unik dan simpel? Caranya cukup mudah kok. Kalian bisa membuat gazebo dengan empat tiang utama dengan atap jerami atau daun kelapa. Dengan begitu, gazebo akan berkesan lebih natural.

 

Ilustrasi gazebo (sumber gambar Unsplash/Vishwanth P)

Ilustrasi gazebo (sumber gambar Unsplash/Vishwanth P)

Agar lebih kuat, kalian harus menggunakan bambu utuh dan tidak perlu membelahnya, baik sebagai pagar tepi gazebo atau kerangka bagian atap jerami. Sementara itu, pada bagian bawahnya kalian bisa mengombinasikan dengan bambu belah, yang dihaluskan atau batang bambu berukuran kecil.
 

2. Gazebo Bambu dengan Tirai

Jika Genhype menyukai gaya minimalis, desain gazebo ini mungkin bisa diterapkan di taman belakang atau rumah kalian. Usahakan menggunakan bambu yang sudah tua agar lebih kuat dan tahan lama. Manfaatkan juga bambu belah sebagai genteng agar lebih unik.

Adapun, untuk bagian bawah, kalian bisa memotong bambu sesuai ukuran yang diinginkan lalu susun dalam bentuk bertingkat. Di bagian tepi, alih-alih menggunakan bambu sebagai pembatas kalian juga bisa menggunakan tirai. Sehingga gazebo bisa dijadikan tempat istirahat saat tidur siang, tentu dengan ruang yang lebih privat. 
 

3. Gazebo Bambu Etnik

Gazebo ini bisa diletakkan di halaman tepat samping pepohonan rindang. Buatlah gazebo bambu ala-ala gubuk di sawah tapi dalam skala yang lebih besar. Kalian juga  bisa menempatkan meja di bagian tengahnya sehingga bisa dijadikan tempat berkumpul sekaligus ruang makan.
 

Ilustrasi sumber (pexels/arthouse)

Ilustrasi sumber (pexels/arthouse)

Untuk menghindari embun saat hujan atau malam hari yang dingin, usahakan untuk membuat celah di bagian lantai. Kalian juga bisa mengombinasikannya dengan menaruh berbagai pot bunga yang digantung di bagian tepi atap. Dijamin, bakal makin estetik deh.
 

4. Gazebo Bambu Bertingkat

Pernah membayangkan bentuk gazebo dari bambu bertingkat? Ya, meski terdengar aneh desain gazebo ini bisa menjadi alternatif kalian untuk mengatasi masalah lahan di rumah kalian yang sempit. Jadi Genhype bisa tetap memiliki ruang berkumpul di luar rumah untuk menikmati waktu luang.

Untuk menjamin keselamatan karena jenis bangunan ini lebih tinggi dari gazebo pada umumnya, maka gunakanlah jenis bambu yang kuat sebagai materialnya. Kalian bisa memilih bambu betung, atau wulung yang memiliki ukuran lebih besar dibanding bambu jenis lain.
 

5. Gazebo Bambu Minimalis

Salah satu gazebo yang saat ini banyak diterapkan tentu saja gazebo berbentuk minimalis yang bisa dibangun di halaman rumah. Dengan desain simpel biasanya gazebo ini berukuran kecil dan tidak terlalu banyak menggunakan pernak-pernik material tambahan.

Namun, bagi yang ingin tetap menjadikannya tempat bersantai sekaligus berkumpul dengan keluarga, Genhype bisa menambahkan bantal rileks di bagian bawah gazebo. Sebagai pemanis tambahkan juga tanaman hias di sekeliling gazebo tersebut. Jadi selamat membangun gazebo impian ya.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

LANY Siap Guncang ICE BSD Pada 9 November 2022, Simak Rundownnya

BERIKUTNYA

Mau Melancong Naik Kereta Api? Cek Aturan Yang Wajib Dipenuhi Dulu Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: