Ghibli Warehouse. (Sumber gambar: Website Ghibli Park)

Setelah Penantian Lama, Ghibli Park Jepang dibuka dengan Berbagai Keseruan

04 November 2022   |   18:58 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Penggemar anime punya alasan lain buat jalan-jalan ke Jepang. Setelah penantian lama, akhirnya sebuah taman hiburan baru yang didedikasikan untuk produksi perusahaan animasi populer Ghibli akhirnya dibuka di prefektur Aichi, kurang dari satu jam dari Kyoto dengan kereta api.

Ghibli Park, yang dibuka pada 1 November ini mewakili dunia Studio Ghibli dengan menghidupkan beberapa karakter dan adegan yang paling dicintai dari animasi Ghibli. Dengan pemandangan hutan sekitar, Ghibli Park dibangun di atas dan di dalam Aichi Earth Expo Memorial park, bekas lahan Expo 2005.

Bagi kamu yang tidak akrab dengan karya-karya Studio Ghibli, mungkin pernah mendengar film My Neighbor Totoro adalah animasi 1988 tentang dua saudara perempuan muda, Satsuki dan Mei, yang berteman dengan makhluk aneh di sekitar rumah pedesaan baru mereka sambil menunggu ibu mereka pulih dari sakit menahun.

Ada juga Spirited Away adalah animasi pemenang Academy Award tentang seorang gadis pemberani bernama Chihiro dan petualangan ajaibnya untuk menyelamatkan orang tua dan teman-temannya.

Tahap pertama konstruksi taman yang menelan biaya sampai 34 miliar yen ini meliputi Ghibli’s Grand Warehouse, Hill of Youth, dan Dondoko Forest. Dikutip dari website resminya, Ghibli Park tidak menyediakan atraksi atau wahana besar. Disini pengunjung diharapkan mewujudkan khayalan Dunia Ghibli dengan berjalan-jalan, rasakan angin, dan menemukan keajaiban di taman ini.

Baca jugaGhibli Park Jepang Resmi dibuka November 2022

Berikut beberapa atraksi yang ada di Ghibli Park yang menarik untuk kamu kunjungi:


Ghibli’s Grand Warehouse

Ghibli's Grand Warehouse merupakan pameran dalam ruangan yang menyimpan semua rahasia studio, dari artefak besar hingga kecil dan pameran dari film-film Studio Ghibli sebelumnya.

Pengunjung akan menemukan tampilan spektakuler penuh fantasi yang terinspirasi dari The Spirited Away seperti Robot Soldier, Catbus (Nekobasu), dan pameran studio film ukuran anak-anak, hingga materi dan sumber daya yang mengungkap rahasia film-film ala Studio Ghibli.

 

Yup, kalian kini bisa melihat susuwatari, hantu yang ada di rumah Satsuki dan Mei dari "My Neighbor Totoro", atau selfie ketika duduk di sebelah hantu No Face alias Kaonashi dari Spirited Away. Tak ketinggalan lagi, ada toko suvenir yang pastinya jadi incaran pengunjung. Kamu bisa membeli aneka oleh-oleh dengan aneka karakter imajinatif legendaris Ghibli.

Capek keliling? Jangan takut, ada kafe yang berisikan makanan dan minuman yang pernah kamu tonton di film-film Studi Ghibli.

Istirahatkan kaki kamu sambil menikmati sajian di kafe-kafe yang ada di Ghibli’s Grand Warehouse. Ada kafe Transcontinental Flight yang memiliki sajian sandwich, pizza, dan camilan lainnya yang dapat dimakan dengan satu tangan.

Selain itu, juga ada Siberian yang merupakan milk stand yang menawarkan susu lokal dalam botol kaca dengan desain original dan kue kacang manis yang bisa kamu temui di film The Wind Rises. Dijamin gudang ini benar-benar penuh dengan Ghibli!
 

Hill of Youth


Di Hill of Youth, pengunjung bisa menikmati pemandangan World Emporium, dan toko barang antik Whisper of the Heart yang terletak di atas bukit. Area ini terinspirasi dari Howl’s Moving Castle dan Whisper of the Heart, Genhype dapat melihat pemandangan dari seluruh taman di balkon gedung. Kamu juga menemukan versi miniatur dari Cat Bureau dari film The Cat Returns (2002).
 

Dondoko Forest

 

Dondoko Forest (Sumber gambar: Website Ghibli Park)

Dondoko Forest (Sumber gambar: Website Ghibli Park)


Dikelilingi oleh alam yang rimbun, Dondoko Forest menyerupai lanskap pedesaan dari periode Showa (1926-1989) dan menampilkan rumah Satsuki dan Mei dari My Neighbor Totoro. Perlu kamu ketahui, penamaan area ini berasa dari tarian Dondoko yang dibawakan oleh kakak beradik tersebut bersama dengan roh Totoro dengan harapan benih yang mereka tabur akan bertunas.

Di Dondoko Forest, ada patung besar "Dondoko-do" menanti pengunjung di puncak bukit hutan yang terletak di belakang rumah Satsuki dan Mei.

Sedang untuk tahun depan, akan dibuka atraksi yang terinspirasi dari Kiki’s Delivery Service dan Princess Mononoke. Di area Mononoke’s Village, pengunjung dapat mengunjungi rumah keluarga Kiki yang dikelilingi oleh pepohonan dan taman lavender.

Uniknya lagi, pengunjung bahkan dapat menjelajahi bagian dalam rumah dan menghabiskan waktu di kamar Kiki. Juga akan ada rekreasi toko roti tempat Kiki tinggal dan bekerja. Ya, kamu dapat membeli roti yang menyerupai roti di film Valley of the Witches.

Area Mononoke's Village baru dibuka pada musim gugur 2023, sedangkan Valley of Witches yang menjadi area kelima di Ghibli Park akan diluncurkan pada Maret 2024.
 

Cara Mendapatkan Tiket Ghibli Park

Untuk membatasi jumlah pengunjung agar tidak terlalu padat, Ghibli Park menerapkan sistem tiket berbasis lotre atau undian. Genhype harus memilih tanggal dan waktu tertentu, serta area pilihan kunjungan saat mengajukan permintaan tiket.

Sangking tingginya atensi publik, tiket untuk bulan November dan Desember sekarang sudah habis. Tapi masih ada kemungkinan kamu beruntung untuk mendapatkan tiket bila terus memantengi laman resmi Boo-Woo.

Selain lotre, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah tiket terbatas dari mesin Loppi yang terletak di toko serba ada Lawson. Selanjutnya tiket akan dijual dengan sistem siapa cepat dia dapat (first-come, first served) setiap tanggal 10 bulan sebelumnya.


Harga Tiket Gibli Park

Buat kamu yang ingin masuk ke dalam Ghibli Park, berikut harga tiket masuk di setiap objek wisatanya. Asyiknya lagi, anak-anak berusia 3 tahun atau lebih muda diterima secara gratis di semua area.
  • Ghibli's Grand Warehouse (Weekdays): 2.000 yen (dewasa)/1.000 yen (anak-anak)
  • Ghibli's Grand Warehouse (Akhir Pekan): 2.500 yen (dewasa)/1.250 yen (anak-anak)
  • Hill of Youth: 1.000 yen (dewasa)/500 yen (anak-anak)
  • Dondoko Forest: 1.000 yen (dewasa)/500 yen (anak-anak)

Baca jugaMenjelajahi Oita & Beppu, Permata Pariwisata Pulau Kyusu, Jepang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Linda Gallery Bangun Pasar Seni NFT untuk Seniman Indonesia & Asia

BERIKUTNYA

Tak Hanya Scrim, Latihan Fisik Juga Jadi Fokus 3 Tim AOV Indonesia di APL 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: