Art Moments Jakarta 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jumat (4/11/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Art Moments Jakarta 2022 Resmi dibuka, Hadirkan Ratusan Karya se-Asia Tenggara

04 November 2022   |   17:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pameran seni Art Moments Jakarta (AMJ) 2022 resmi dibuka pada hari ini, Jumat (4/11/2022). Salah satu bursa seni terbesar di Indonesia itu dihelat selama tiga hari berturut-turut pada 4-6 November 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Hall.

Ini merupakan momen kembalinya pameran luring AMJ setelah dua tahun terpaksa diselenggarakan secara hibrida akibat pandemi. Kembalinya AMJ ini akan menjadi ruang pertemuan bagi para pencinta seni, komunitas, galeri, seniman, dan kolekto

Co-Founder & Fair Director Art Moments Jakarta, Sendy Widjaja, mengatakan tahuh ini AMJ menampilkan beragam karya seni mulai dari seni murni, seni modern, seni tradisional, dan seni kontemporer dari galeri seni dan seniman asal Indonesia dan mancanegara, termasuk seni digital dan NFT.

Baca juga: Intip Profil 5 Galeri yang Bakal Pamer Karya di Art Moments Jakarta 2022

"Setelah menunggu cukup lama, kita kembali menjadi salah satu bursa seni paling berpengaruh di Indonesia. Art Moments Jakarta berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dengan selalu menyajikan konsep program baru," katanya dalam acara pembukaan AMJ 2022 di Jakarta, Jumat (4/11/2022).
 

Pembukaan Art Moments Jakarta 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jumat (4/11/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Curatorial Partner of Art Momements Jakarta Khai Hori (dari kiri) berbincang dengan Head of Marketing TZ APAC Jivan Tulsiani, Co-Founder dan Fair Director Art Moments Jakarta Sendy Widjaja, Executive Vice President Transaction Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya dan General Manager Sheraton Grand Jakarta Munwar Basha saat pembukaan pameran Art Moments Jakarta (AMJ) 2022 di Jakarta, Jumat (4/11/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)


Menjadi gelaran yang pertama yang terbesar sejak 2019, AMJ 2022 menampilkan ratusan karya seni dari 40 galeri seni lokal dan mancanegara. Selain itu, ada juga sejumlah karya seni digital, NFT, dan seni urban yang akan dipersembahkan oleh TZ APAC, setelah sukses debut di Art Basel Hong Kong belum lama ini.

Beberapa nama seniman yang menjadi highlight dari gelaran Art Moments Jakarta 2022 di antaranya adalah Miwa Komatsu, Andrey Ostashov, Made Wianta, Handrio, dan Nyoman Nuarta. 

Selain itu ditampilkan juga karya-karya seni digital dari beberapa seniman di Asia seperti Arya Mularama (Indonesia), Diela Maharani (Indonesia), Tommy Chandra (Indonesia), Sarisa Kojima (Thailand), Marion Olmillo (Filipina), dan Hamlatul Arsy (Brunei). 

Curatorial Partner of Art Moments Jakarta, Khai Hori, mengatakan salah satu perbedaan AMJ tahun ini dengan beberapa gelaran sebelumnya adalah hadirnya area Continuance dalam pameran.

Berbeda dengan layout pameran pada umumnya, pada area Continuance, pameran disusun membentuk seperti Mandala, desain abstrak yang kompleks yang biasanya membentuk lingkaran.

"[Desain] Mandala itu ada dimana-mana di Asia Tenggara dan Indonesia. Kami ingin mengembangkan konsep itu mungkin di edisi-edisi [AMJ] berikutnya supaya lebih dinamis," katanya.

Baca juga: Art Moments Jakarta 2022 digadang Gairahkan Pasar Seni Rupa Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Spesifikasi Minimum Google Play Games untuk PC yang Resmi Hadir di Indonesia

BERIKUTNYA

Ritual Unik 3 Tim AOV Indonesia, Ada yang Mau Bawa Mi Instan ke Vietnam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: