WhatsApp Business bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan performa penjualan para pelaku usaha (Sumber gambar: Rahul Shah/Pexels)

4 Cara Mengoptimalkan WhatsApp Business untuk Meningkatkan Performa Penjualan

02 November 2022   |   20:18 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kalian pemilik usaha yang ingin meningkatkan performa penjualan? Penggunaan platform digital seperti Instagram dan WhatsApp Business semakin marak dijadikan wadah untuk menampilkan produk-produk penjualannya. Saat ini, sudah banyak platform digital yang menghadirkan kategori bisni, untuk pelaku usaha mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Dilansir dari Oberlo, sudah terdapat lebih dari 5 juta pebisnis di dunia yang menggunakan WhatsApp Business. Artinya, persaingan antar pebisnis untuk memanfaatkan platform ini pun semakin sengit. Supaya lebih maksimal, yuk simak cara mengoptimalkan Whatsapp Business untuk meningkatkan performa penjualan.

Baca jugaChat WhatsApp Ini Bisa Bantu Akses Pencairan Gaji, Seperti Apa?
 

Ilustrasi penggunaan WhatsApp untuk penjualan (Sumber gambar: Vlada Karpovich/Pexels)

Ilustrasi penggunaan WhatsApp untuk penjualan (Sumber gambar: Vlada Karpovich/Pexels)

 

1. Lengkapi Profil agar Terlihat Profesional

Meskipun masih usaha unit kecil, kamu tetap harus melengkapi bagian profil agar terlihat profesional. Masukkan seluruh informasi mengenai bisnis mulai dari nama unit bisnis, alamat, kategori bisnis, dan lainnya. Melengkapi profil juga bisa membuat bisnis dipercaya oleh pembeli. Untuk mengisi profil, buka menu setting di WhatsApp Business, lanjut klik business tools, lalu buka business profile, dan isi profil bisnis dengan lengkap.
 

2. Tambahkan Katalog dengan Rincian Produk Detail

Setelah profil dipastikan terlihat profesional, isi bagian katalog penjualan dengan rincian yang detail. Masukkan nama produk, foto produk yang menarik, harga, dan deskripsi produk dengan menarik. Usahakan kamu bisa mendeskripsikan produk dengan singkat, padat, dan jelas. Cara menambahkan katalognya sangat mudah. Klik settings, business tools, business profile, lalu tambahkan katalog produk seperti biasa.
 

3. Gunakan Fitur Broadcast Promosi Produk

Jika sudah melengkapi profil dan katalog, kamu bisa memaksimalkan penjualan dengan fitur broadcast yang ada di WhatsApp Business. Melalui fitur ini, kalian bisa memberikan informasi kepada pelanggan jika produk-produk penjualanmu sedang dalam masa promosi.

Fitur ini juga memudahkan pebisnis menyebarkan informasi ke banyak orang untuk membuat penjualan lebih optimal. Caranya, klik new broadcast, isi pesan yang ingin disebarkan, centang kontak yang dituju, lalu klik selesai dengan mencentang ikon di kanan bawah layar. Pesan otomatis akan terkirim ke kontak yang sudah dipilih.


4. Manfaatkan Fitur Pesan Otomatis & Salam ke Pelanggan

Pelanggan pasti akan merasa nyaman ketika mendapat sapaan saat ingin membeli sebuah produk. Untuk mempermudah melakukan hal tersebut kepada para pelanggan yang tertarik dengan produk, kalian bisa memanfaatkan fitur salam otomatis pada pelanggan.

Selain terkesan lebih santun, kamu juga bisa menggunakan fitur pesan otomatis yang bisa membantu menjawab pertanyaan pelanggan di luar jam operasional toko. Dengan demikian, pelanggan mengetahui jika toko sedang tutup dan bisa menghubungi kembali pada jam operasional toko.

Genhype, itulah beberapa cara mengoptimalkan WhatsApp Business untuk meningkatkan performa penjualan. Semoga berhasil! 

Baca juga: 5 Aplikasi Alternatif Pengganti Whatsapp

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Mau Berburu Tiket? Garuda Indonesia Kembali Adakan Travel Fair di 3 Kota

BERIKUTNYA

Pengamat Sebut Masih Banyak Tantangan UMKM Go Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: