Ilustrasi (Photo by Robina Weermeijer on Unsplash)

Wah, Serangan Jantung Sering Muncul di Pagi Hari

08 May 2021   |   16:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tahu kan kalau serangan jantung bisa berakibat fatal yakni kematian? Kondisi ini ternyata sering kali terjadi pada pagi hari loh.

Sindrom koroner akut atau serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah. Ini disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung akibat penumpukan plak lemak.

Tumpukan lemak ini terjadi di usia muda, sekitar 20 tahun. Jika pola hidupnya tidak sehat, plak semakin banyak dan akhirnya menyumbat pembuluh koroner itu.

Dokter Spesialis Jantung Eka Hospital Pekanbaru dr. Muhammad Hatta mengatakan pada prinsipnya tidak diketahui pasti kapan serangan jantung muncul. Hanya saja, kecenderungannya terjadi pada pagi hari.

Dijelaskannya, ada yang disebut sebagai ritme sirkadian. Ritme sirkadian atau irama sirkadian merupakan sistem internal tubuh yang mengatur banyak hal, mulai dari siklus tidur hingga pencernaan. Memahami ritme ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Pada pagi hari, akan terjadi peningkatan tekanan darah, peningkatan denyut jantung, pembuluh darah yang tegang, aliran darah lebih banyak, dan terjadi peningkatan hormon kortisol. "Itu bisa meningkatkan tonus simpatis seperti terasa tubuh bekerja berat atau ketakutan," ujar Muhammad.

Otomatis, kondisi ini butuh banyak oksigen. Nah, serangan jantung sendiri terjadi karena suplai antara oksigen dan kebutuhan tidak seimbang. "Ketika kondisi pagi hari, beban jantung lebih berat," jelasnya. 

Pada orang yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung, kondisi di atas bisa-bisa membuat pembuluh darah jantung pecah dan mengakibatkan serangan jantung. Bahkan itu bisa terjadi saat orang tersebut dalam kondisi tertidur loh. 

"Ini bisa jadi berisiko serangan jantung akibat kebutuhan metabolisme lebih tinggi," tegas Muhammad.

Bahaya Bukan? Oleh karena itu, tetap jaga pola hidup sehat ya GenHype. 

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ingin Coba Gaya Interior Khas 2021? Ini 5 Tren yang bisa diikuti

BERIKUTNYA

Brand Lokal Makin Semangat Naik Kelas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: