Ilustrasi Instagram crash (Sumber gambar: Gabrielle Henderson/Unsplash)

Pengguna Instagram Alami Force Close Aplikasi Tiap 30 Detik, Simak Cara Mengatasinya

31 October 2022   |   18:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Baru-baru ini, pengguna Instagram mengeluhkan aplikasi yang kerap kali crash atau mengalami force close setiap 30 detik. Tidak sedikit pengguna yang mengalami aplikasi yang keluar sendiri tanpa sebab. Ratusan orang mengungkapkan keluhannya melalui utas di Twitter mengenai hal ini. Sebagian besar di antara pengguna mengaku sebagai pengguna iPhone.

Pengguna lain tampak saling mempertanyakan apakah ada yang mengalami hal serupa terjadi pada aplikasi Instagram mereka. “Adakah yang bisa menjelaskan alasan Instagram crash? Apakah hanya terjadi di iPhone saya setelah setiap 30 detik membuka aplikasi?” kata pengguna dengan akun Twitter @John1Amal.

Baca juga: Pengguna Instagram Alami Force Close Aplikasi Tiap 30 Detik, Simak Cara Mengatasinya

Beberapa pengguna iPhone yang menginstal IOS 16.1 juga mengiyakan pengalaman crash yang dilami pada aplikasi Instagram.  “Halo Instagram, aplikasi crashing berulang-ulang di IOS 16.1. Apakah ada yang mengalami ini juga?” kata akun Twitter @iamVikas98. Hingga 31 Oktober 2022 petang, utas mengenai Instagram crash dan force close ini telah dibalas hingga 1.100 pengguna Twitter dan disukai lebih dari 4.000 akun.
Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Instagram mengenai persoalan force close aplikasi ini. Namun, Instagram memberikan saran pemecahan masalah umum saat mengalami kesulitan mengakses aplikasi. Dilansir dari situs Instagram, simak cara mengatasi masalah saat membuka aplikasi Instagram di iPhone.
 

Ilustrasi Instagram (Sumber gambar: Social Cut/Unsplash)

Ilustrasi Instagram (Sumber gambar: Social Cut/Unsplash)

 

1. Update Versi Terbaru

Instagram menyarankan agar setiap pengguna harus selalu memastikan sudah menjalankan aplikasi Instagram dengan versi terbaru. Hal ini karena update pada aplikasi berkaitan dengan sistem operasi terbaru. Biasanya, update aplikasi akan memperbaiki bug, macet, hingga kerentanan keamanan pengguna.
 

2. Reset iPhone

Jika aplikasi Instagram sudah ter-update tetapi masih menemui masalah serupa, cobalah untuk melakukan reset di iPhone dengan cara mematikan lalu menyalakan kembali smartphone. Setelah itu, bukalah kembali aplikasi Instagram untuk mengecek apakah aplikasi sudah bisa berjalan seperti biasa.
 

3. Instal Ulang Aplikasi

Hapus lalu instal ulang aplikasi Instagram. Jika dua cara di atas belum bisa mengatasi masalah crash pada Instagram. Caranya, ketuk dan tahan ikon Instagram pada bagian menu, lalu klik hapus. Kemudian, buka App Store dan unduh kembali aplikasi Instagram. Login dengan nama pengguna dan kata sandi seperti biasa.
 

4. Hapus Cache

Langkah terakhir, cobalah hapus cache yang mungkin menjadi penyebab aplikasi Instagram crash. Cache menyimpan data sementara saat aplikasi sedang berjalan. Cache yang tidak dibersihkan dalam waktu lama akan membuat aplikasi menjadi lambat. Kamu bisa menghapus cache dengan membuka menu pengaturan, lalu pilih bersihkan data.

Jika cara-cara di atas belum berhasil, maka kemungkinan server Instagram sedang down atau terjadi kesalahan teknis pada aplikasi. Kamu bisa menunggu beberapa saat sebelum kembali menggunakan aplikasi Instagram.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Film The Big 4 Siap Hadirkan Aksi Seru & Penuh Tawa, Catat Tanggal Rilisnya!

BERIKUTNYA

5 Karya Lukis Medium Bra Ini dilelang untuk Donasi Kanker Payudara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: