Belajar biola membutuhkan tekad kuat karena memadukan intuisi dan konsistensi berlatih untuk menghasilkan nada yang tepat, (sumber gambar Unsplash/Clem Onojeghuo)

6 Tip Belajar Biola Secara Otodidak, Konsisten Berlatih & Gabung Komunitas

31 October 2022   |   18:13 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Belajar alat musik dawai memang gampang-gampang susah. Terlebih biola yang tidak memiliki fret seperti gitar, sehingga membutuhkan ketrampilan khusus untuk mencari nada. Alih-alih dipetik, teknik utama membunyikan biola juga dilakukan dengan cara menggesek bow pada senar, sehingga menghasilkan nada yang pas.

Keseimbangan antara memencet nada dan menggesek senar biola juga  menjadi  salah satu bagian terberat saat belajar biola. Tak hanya itu, belajar biola juga butuh tekad yang kuat. Sebab untuk membunyikan senar dengan cara menggeseknya saja susahnya minta ampun.

Teknik memegang bow, posisi berdiri, dan menaruh biola di pundak juga akan mempengaruhi kalian saat memainkan alat musik ini. Tapi, bukan berarti belajar biola tidak bisa dilakukan dengan cara otodidak. Pasalnya, saat ini ada banyak komunitas pemain biola yang membuka workshop di beberapa kota besar Indonesia. Jadi, Genhype tidak harus ikut les biola biar mahir.

Baca juga: Mau Belajar Bahasa secara Otodidak? Coba 3 Aplikasi Belajar Bahasa Ini

Nah, agar kalian bisa belajar teknik dasar bermain biola dan membunyiakn nada-nada dasarnya, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber 5 tip belajar biola biar enggak malu-maluin saat belajar bareng komunitas biola. Yuk simak.
 

1. Pilih biola dengan kualitas terbaik.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk belajar biola adalah memiliki terlebih dulu alat musik tersebut. Genhype bisa membeli biola di toko alat musik mulai dari Rp500.000-Rp2.500.000 tergantung dari bahan dan kualitas biola yang diinginkan. Tapi, bila tidak sanggup kalian juga bisa kok meminjamnya dari teman yang sudah memiliki biola.
 

Ilustrasi biola (sumber gambar Unsplash/Umutcan Günüç)

Ilustrasi biola (sumber gambar Unsplash/Umutcan Günüç)


Namun, untuk hasil maksimal disarankan untuk membeli biola terlebih dulu. Usahakan juga membelinya dengan bahan terbaik yang biasanya terbuat dari kayu maple atau spruce. Kualitas biola yang baik juga akan memperlancar proses belajar kalian karena bunyi yang dihasilkan tidak pecah sehingga memudahkan melatih feeling nada.


2. Kenali bagian-bagian biola.

Sebelum mempelajari cara bermain biola, wajib juga hukumnya untuk mengenali bagian-bagian biola beserta fungsinya. Sebab hal ini akan membuat kalian lebih mengenal dan mengetahui alat musik tersebut dan memudahkan untuk memperbaikinya jika rusak. 
 

Bagian-bagian biola. (Sumber gambar: Yamaha)

Bagian-bagian biola. (Sumber gambar: Yamaha)

Secara umum, biola terdiri dari scroll, pegbox, neck, fingerboard, waist, f holes, bridge, fine tuners, dan tailpiece. Ada juga chinrest, soundpost, bow, dan resin yang berfungsi untuk membuat hairbow lebih kesat serta menyaringkan suara senar saat digesek dengan bow.


3. Lakukan tahapan belajar secara berurutan.

Meski belajar biola secara otodidak bukan berarti Genhype tidak memiliki buku panduan khsusus belajar biola. Sebelum memulai menggesek pastikan dulu cara memegang biola dan bow sudah benar. Pada tahap ini kalian bisa juga belajar mengenai tutorialnya di YouTube.
 

Ilustrasi gambar sumber (Unsplash/ Julio Rionaldo)

Ilustrasi gambar sumber (Unsplash/ Julio Rionaldo)

Setelah lancar, Genhype juga bisa mengunduh buku berlatih biola karya Suzuki yang banyak direkomendasikan oleh kalangan musisi dan violinist profesional. Jangan lupa juga untuk belajar membaca notasi musik biar makin lancar bermain biola.


4. Atur posisi bermain biola dengan benar.

Pada tahap awal-awal belajar usahakan juga untuk mengetahui posisi yang benar dalam memegang biola. Selain dapat memperlancar proses belajar, bermain biola denga posisi tubuh yang benar juga dapat membuat kalian nyaman dan tidak mudah capek saat berlatih.

 

Iustrasi biola sumber gambar (Unsplash/Larisa Birta)

Iustrasi biola sumber gambar (Unsplash/Larisa Birta)


Cara memegang biola yang benar dilakukan dalam posisi berdiri atau duduk dengan postur tubuh yang tegak lurus. Umumnya biola dipegang dengan tangan kiri dan bagian bawahnya diletakkan di atas bahu. Setelah itu, biola ditahan dengan cara menempatkan rahang di atas penyangga dagu.
 

5. Fokus membuat senar berbunyi dengan benar.

Pada alat musik biola terdapat empat senar yang membentuk nada yaitu G, D, A, dan E bila diurutkan dari senar yang terbesar, atau dari paling atas. Usahakan untuk membunyikan senar dengan nada terbuka terlebih dulu (tanpa memencet senar) untuk melatih kepekaan telinga.

Setelah dapat menggesek senar dengan cara yang benar, kalian bisa melanjutkan nada dasar lainnya. Ingat juga posisi setiap nada yang dihasilkan. Untuk memudahkannya kalian bisa menadai fingerboard biola dengan stiker putih atau tanda lain.


6. Konsisten berlatih & bergabung dengan komunitas biola

Agar lebih cepat mahir, Genhype juga harus konsisten dalam berlatih biola. Usahakan meluangkan waktu 1-2 jam setiap harinya untuk berlatih biola untuk progres belajar yang lebih optimal. Hal ini juga yang akan semakin membuat kalian akrab dengan biola dan membentuk posisi tubuh yang tepat.

Setelah mahir kalian juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas pemain biola di kota-kota besar Indonesia. Bagi yang berdomisili di Jakarta, Genhype bisa juga bergabung dengan komunitas Taman Suropati Chamber, atau komunitas lain yang saat ini juga marak melakukan latihan di ruang-ruang komunal lain.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil Chovy, Roster Gen.G dan Midlaner Terbaik di Worlds 2022 League of Legends

BERIKUTNYA

Scarlett Gelar Meet & Greet Song Joong-ki Gartis, Catat Tanggalnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: