Ilustrasi beras hitam (Sumber gambar: Gaophuongnam/Pixabay)

3 Olahan Nasi Hitam Lezat, Begini Cara Membuatnya

26 October 2022   |   16:19 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, apakah kalian pernah mencoba kreasi nasi hitam? Nasi hitam berasal dari beras hitam yang juga dikenal sebagai beras ungu. Beras hitam memiliki beberapa jenis beras lainnya, salah satu yang paling popular adalah beras ketan.

Beras hitam banyak mengandung antioksidan, yakni antosianin yang mampu melindungi dan mengikat radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

Baca juga: Kenalan dengan Ratna Sari Dewi, Istri Bung Karno yang Berasal dari Jepang

Selain itu, beras hitam juga menjadi sumber zat besi, mineral, protein dan serat yang banyak digunakan orang-orang dalam fase diet untuk membantu lebih cepat mengenyangkan dalam waktu lama dan mengurangi nafsu makan. Agar nasi hitam ini dapat dinikmati dengan kreasi yang berbeda, yuk simak beberapa olahan nasi hitam lezat yang bisa kamu coba di rumah.
 

Ilustrasi beras hitam (Sumber gambar: Joanna Kosinsk/unsplash)

Ilustrasi beras hitam (Sumber gambar: Joanna Kosinsk/unsplash)

 

1. Bubur Beras Hitam

Siapa sangka jika olahan beras hitam juga bisa dikonsumsi dalam bentuk bubur. Bahan untuk membuatnya sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan beras hitam, gula merah, air, santan, daun pandan, potongan buah mangga, dan gula serta garam secukupnya. Rebus beras hitam hingga menjadi bubur, kemudian tambahkan dengan gula merah. Di panci lain, rebus santan, air, dan daun pandan. Kemudian tuangkan bubur yang sudah masak ke dalam mangkok, lalu sirami dengan kuah santan dan berikan potongan buah mangga diatasnya.
 

2. Nasi Tumpeng Hitam

Untuk membuat tumpeng yang unik dan berbeda, tak ada salahnya kamu membuat tumpeng dari nasi hitam. Siapkan beras putih dan beras hitam, santan, garam, ketumbar, dan bawang. Siapkan juga bahan rempah lainnya seperti daun jeruk, daun salam, serai, daun pandan, dan jahe.

Kemudian, masak campuran beras putih dan beras hitam di dalam penanak nasi. Masukkan juga semua bahan dan bahan rempah lainnya ke dalam penanak nasi supaya beraroma harum. Setelah masak, cetak dengan cetakan tumpeng lalu sajikan di piring bersama dengan lauk pauk lainnya, seperti telur balado, ayam, tempe, dan lainnya.
 

3. Donat Hitam

Selain dihidangkan sebagai bubur dan nasi, nasi hitam juga bisa dibuat menjadi donat dengan cita rasa unik. Siapkan nasi hitam, kuning telur, tepung protein sedang dan tinggi, ragi instan, mentega, air secukupnya, garam secukupnya, dan gula pasir. Buat adonan donat sama seperti donat pada umumnya dengan mencampurkan nasi hitam, kuning telur, terigu, dan garam serta air. Kemudian masukkan ragi dan mentega, lalu uleni adonan hingga kalis.

Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Bentuk donat menggunakan tangan dengan membolongi bagioan tengahnya. Siapkan wajan dengan minyak yang sudah panas, lalu goreng donat hingga berwarna kecokelatan. Tiriskan donat lalu taburkan dengan gula pasir.

Genhype, itulah beberapa hidangan olahan beras hitam, kamu tertarik mencoba resep olahan yang mana nih?

Baca juga: Omzet Ratusan Juta Dengan Usaha Keripik Bolu Ketan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Noctua Games x EVOS Esports Ajak Gen Z Nostalgia dalam Game Saint Seiya: Legend of Justice

BERIKUTNYA

Begini Tantangan Layanan Social Commerce Menurut Pengamat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: