Teknik menggosok gigi yang salah justru malah memicu berbagai masalah gigi dan mulut. (Sumber gambar: Pexels/George Becker)

Panduan Menyikat Gigi dengan Benar, Dijamin Gigi Bersih & Segar

26 October 2022   |   16:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menyikat gigi secara teratur dengan cara yang benar penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan menggosok gigi secara teratur maka akan meminimalisir kerusakan gigi, seperti berlubang, bau mulut, dan masalah pada gusi.

Genhype mungkin sering mendengar anjuran pentingnya menyikat gigi setiap hari agar gigi tetap sehat. Tapi rajin menyikat gigi saja tidak cukup loh. Pastikan juga untuk menyikat gigi dengan cara dan teknik yang benar. Pasalnya, teknik menggosok gigi yang salah justru malah memicu berbagai masalah gigi dan mulut.

Beberapa hal yang sering terjadi akibat teknik megosok gigi yang salah seperti, gusi berdarah akibat gesekan yang terlalu keras, hingga menggosok gigi secara asal-asalan.  Lantas, bagaimana cara menyikat gigi dengan benar?

Baca jugaBegini Cara Memelihara Kesehatan Mulut dan Gigi yang Dianjurkan

Sebelum menyikat gigi, siapkan dulu sikat dan pasta gigi. Pastikan Genhype memilih sikat gigi yang pas dengan ukuran mulut, dan pasta gigi yang mengandung flouride. Zat ini merupakan mineral yang berfungsi untuk melindungi lapisan enamel gigi.

Usahakan juga untuk memilih kepala sikat dengan ujung yang lancip untuk memudahkan sikat menjangkau bagian gigi terdalam. Pastikan sikat gigi yang dipilih dapat dipegang dengan nyaman sehingga akan  memaksimalkan kegiatan menggosok gigi.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut 7 langkah menggosok gigi dengan baik dan benar agar dapat menjaga kesehatan mulut. Biar enggak salah lagi, yuk simak caranya Genhype.

1. Genggam dan letakkan bulu sikat pada permukaan gigi hingga membentuk posisi sudut 45 derajat. Genhype bisa mulai menyikat gigi geraham atas atau gigi bagian belakang di salah satu sisi mulut selama 20 detik untuk setiap bagian.

2. Pastikan untuk menyikat setiap bagian gigi, mulai dari gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, hingga gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Selama menyikat gigi tetap jaga posisi bulu sikat sedikit miring membentuk susut 45 derajat.

 

Ilustrasi gamber (sumber Pexels/george becker)

Ilustrasi gamber (sumber Pexels/george becker)



3. Untuk membersihkan bagian gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal. setelah itu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali. Selain cara tersebut, usahakan juga untuk mengubah pola menyikat gigi. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang sama bisa membuat terlewat bagian gigi lain terlewat dan terabaikan.

4. Untuk menyiasatinya, Genhype bisa mengubah pola menyikat gigi yang biasa dilakukan. Jika sebelumnya mulai menyikat gigi pada bagaian geraham atas, maka kalian bisa memulai dari bagian sebaliknya. Durasi menyikat gigi yang benar sekitar 2-3 menit di seluruh bagian gigi.

5. Jangan menyikat gigi terlalu keras karena hal ini malah dapat mengikis lapisan enamel gigi. Saat hal ini terjadi maka akan menjadi penyebab dari gigi sensitif. Selain itu menyikat gigi teralu keras juga dapat membuat jaringan gusi jadi terluka.

 

Ilustrasi gambar (sumber pexels/ Ketut Subiyanto)

Ilustrasi gambar (sumber pexels/ Ketut Subiyanto)


6. Tahap selanjutnya adalah Genhype bisa mengecek tingkat kebersihan gigi dengan merabanya menggunakan lidah. Bila permukaan gigi terasa halus  artinya gigi sudah bersih. Tapi jika masih kasar maka masih ada sisa plak yang menempel. 

7. Langkah terakhir yang biasanya dilupakan adalah menyikat lidah dengan sikat gigi atau alat khusus. Membersihkan lidah juga penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Sikatlah lidah dari pangkal hingga ujung paling depan dengan perlahan. Ulangi cara ini 2-3 kali. Barulah kalian bisa berkumur untuk membersihkan mulut.

Baca juga5 Cara Alami Memutihkan Warna Gigi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

ARMY Stay Tuned, RM BTS Jadi MC di Variety Show Populer Korea

BERIKUTNYA

Noctua Games x EVOS Esports Ajak Gen Z Nostalgia dalam Game Saint Seiya: Legend of Justice

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: