Pizza / jibi

Selain Pasta & Pizza, Icip juga 6 Kuliner Khas Italia Ini

23 June 2021   |   19:42 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Beberapa makanan khas asal Italia umumnya sudah akrab di lidah kita terutama pasta, pizza, dan gelato. Gerai restoran pasta, pizza, dan kafe yang menghadirkan menu gelato saja kian ramai di Indonesia khususnya di kota-kota besar.

Resep-resep masakan khas Italia pun menjadi salah satu resep favorit incaran untuk dimasak sendiri di dapur Anda. Beberapa jenis masakan lain yang juga mulai banyak jadi menu favorit adalah bruschetta, risotto, ribollita, panini, gnocchi, dan cannoli. 

Nah buat genhype yang masih penasaran sama menu kuliner itu, simak ulasan singkat tentang kuliner khas Italia ini ya.
 

Bruschetta

Bruschetta adalah makanan pembuka khas Italia yang terbuat dari roti yang dioles dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, lada, dan dipanggang agak kering. Untuk memberikan cita rasa, bruschetta pun ditambah dengan potongan tomat cherry, keju, dan sayuran. Oleh sebab itu, hidangan ini umumnya menjadi pendamping dengan sup atau salad.


Risotto

Risotto adalah salah satu makanan Italia yang berasal dari Piedmont ini terbuat dari beras yang ditumis dengan mentega, bawang bombay, kaldu, dan white wine. Beras pun dimasak hingga matang dan cairan habis. Risotto ini juga bisa ditambahkan saffron sehingga warnanya kuning atau tinta cumi-cumi sehingga berwarna kehitaman.


Ribollita

Ribollita ialah sup sayuran asal Tuscany, Italia yang dikentalkan dengan roti. Biasanya,  ribollita adalah sajian spesial saat musim gugur dengan rasa pedas yang nikmat.


Panini

Panini adalah roti lapis mirip sandwich, dengan jenis roti umum digunakan adalah baguette, ciabatta, rosetta, dan michetta. Roti pun dipotong secara horizontal dan biasanya diisi dengan irisan daging olahan seperti salami, mortadella, ataupun prosciutto, serta keju, irisan tomat dan juga tuna.


Gnocchi

Gnocchi memiliki bentuk yang unik yaitu bulat bak pangsit dengan campuran semolina, keju, kentang, telur, dan tepung gandum. Biasanya, gnocchi memiliki variasi resep dan nama yang cukup di berbagai daerah. Misalnya di Lombard dan Tuscan Malfatti dibuat dengan ricotta, tepung, bayam, dan bahan lain jika diperlukan sesuai selera. 


Cannoli

Cannoli merupakan hidangan penutup yakni kue pastry khas dari Kota Sisilia. Cannoli terbuat dari adonan yang digoreng membentuk tabung kecil, dan diisi dengan krim manis yang biasanya mengandung ricotta. Cannoli juga terdiri dari gulungan adonan pastri yang digoreng sebagai kulitnya berisi krim manis yang biasanya mengandung ricotta. 

Menurut Chef Matteo Meacci dari Resto The Gentlepig, Surabaya, dari puluhan masakan khas Italia pasta masih menjadi menu idola karena cita rasa creamy nan gurih. Salah satunya adalah pasta tortellini. (Andrawina)


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Keina Beauty Hadirkan Lini Skincare Ramah Lingkungan

BERIKUTNYA

Kantongi Dana US$360 Juta, Carro Jadi Unicorn Otomotif Pertama di Asia Tenggara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: