Ilustrasi bekal anak (Sumber gambar: Yan Krukov/Pexels)

5 Tip Menyiapkan Bekal untuk Si Kecil

25 October 2022   |   16:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kembalinya aktivitas sekolah secara luring tentunya disambut antusias oleh anak serta orang tua. Di masa sekolah seperti sekarang ini, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan disiapkan orang tua untuk anak. Mulai dari seragam sekolah, buku, transportasi hingga bekal makanan si kecil.

Pasalnya, keamanan dalam mengonsumsi makanan di sekolah juga tak boleh luput dari perhatian orang tua, untuk menjaga kesehatan anak. Oleh karena itu, membawakan bekal makanan ke sekolah merupakan alternatif terbaik yang dapat dipilih untuk menjaga kesehatan si kecil.

Menyiapkan bekal makanan memang terdengar mudah, tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Para orang tua harus cerdas mengkreasikan bekal sekolah yang menarik, nikmat, dan pastinya sehat dengan beberapa tip berikut ini.

Baca juga: Enak & Sehat, Cicipi 3 Ide Menu Olahan Edamame untuk Bekal Anak


1. Pisahkan tempat tiap makanan

Setiap makanan tentunya akan memiliki rasa yang berbeda, sehingga usahakan meletakkan beberapa jenis makanan tersebut di tempat terpisah dengan memakai kotak bekal banyak sekat.

Sekat-sekat dalam wadah bekal ini berfungsi agar tiap menu tidak tercampur, sehingga cita rasa makanan tetap terjaga mulai dari nasi, lauk pauk, sayur, hingga buah-buahan. Selain itu, jangan lupa pastikan kotak bekal makan si kecil terbuat dari bahan yang layak dan aman dipakai.


2. Perhatikan porsi makanan

Dalam mempersiapkan bekal, penting untuk memperhatikan porsi makanan. Sebaiknya, siapkan bekal makanan dengan kandungan gizi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam kotak bekal, pastikan semua nutrisi bisa jadi satu, seperti makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, serta buah-buahan.

Sebagai contoh, ibu bisa menyiapkan nasi putih bersama dengan nugget ayam, tempe bacem, sayur bayam, buah semangka, serta susu ataupun snack sebagai pelengkap.

Selain itu, penting bagi ibu untuk menanyakan menu yang disukai si kecil sebelum membuat bekal makanan untuknya, karena hal ini akan mempermudah dalam menyiapkan bekal sekolah. Pilihan bahan makanan praktis yang bisa kalian olah menjadi bekal sekolah di antaranya, daging ayam, keju, ikan, daging olahan, dan pasta.
 

Ilustrasi bekal anak (Sumber gambar: Katerina Holmes/Pexels)

Ilustrasi bekal anak (Sumber gambar: Katerina Holmes/Pexels)


3. Buatlah variasi menubekal yang menarik

Saat ini, banyak peralatan hiasan makanan menarik yang dapat membuat bekal anak semakin menarik, seperti misalnya cetakan nasi, cetakan roti, cetakan nori dan sebagainya. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari hewan, buah, segitiga, persegi, hingga karakter kartun.

Tidak hanya itu, ada jug tusukan makanan atau food picks yang sangat berguna untuk memperbanyak lauk dan buah. Bentuknya yang beragam bisa membantu beberapa makanan bekal seperti buah, nugget, sayuran rebus, atau bahkan sandwich agar tidak bergeser.


4. Tambahkan elemen hiasan

Tidak hanya perlu sehat, bekal sekolah anak juga mesti disukai anak supaya bekalnya dapat dikonsumsi dengan lahap. Ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja, menghias bekal dengan tokoh karakter favorit si kecil mulai dari makanan sampai dengan peralatannya.

Kalian juga bisa mendekorasi bekal anak dengan hiasan yang menyerupai hewan, pemandangan atau wajah. Dengan begitu, anak akan senang bisa membawa bekal dengan dekorasi yang menarik.


5. Siapkan rencana perbekalan

Mempersiapkan bekal bukanlah hal yang mudah, seperti menyusun menu yang sehat tetapi tetap digemari oleh anak hingga proses dalam memasak setiap harinya. Meski demikian, saat ini juga banyak pilihan produk makanan yang praktis untuk dimasak dan siapkan sebagai bekal.

Selain itu, hal yang penting untuk disiapkan juga adalah alat masak yang dapat mempermudah proses persiapan bekal. Misalnya dengan memilih alat masak multifungsi, sehingga kamu bisa memasak tiga jenis bahan sekaligus tanpa khawatir akan tercampur. Dengan begitu, masakan pun akan selesai lebih cepat.

Baca juga: 3 Ide Bekal Makan Siang Untuk ke Sekolah dan Kantor, Praktis Anti Ribet!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Toyota Indonesia Ungkap Kendaraan Baru yang diduga Innova Zenix

BERIKUTNYA

Rekomendasi 6 Olahan Mie dari Berbagai Negara, yang Mana Favorit Genhype?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: