Ilustrasi anak-anak di Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia (Sumber gambar: Larm Rmah/Unsplash)

Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia 19 Oktober 2022, Intip Sejarah & Cara Merayakannya

19 October 2022   |   09:51 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 19 Oktober diperingati sebagai hari internasional bagi penggiat gerakan kemanusiaan secara global. World Humanitarian Action Day atau Hari Aksi Kemanusiaan sedunia dibentuk sebagai apresiasi dan bentuk hormat kepada garda terdepan di bidang kemansiaan. Lebih jauh, hari ini juga memperingati orang-orang yang gugur demi menyelamatkan nyawa orang lain.

Melalui peringatan Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia, orang-orang diajak aktif membawa pesan kemanusiaan antara sesame dengan cara sederhana seperti berbagi, atau bergabung dengan komunitas penggerak kemanusiaan, contohnya Palang Merah. Dilansir dari situs National Today, aksi kemanusiaan diperingati dengan menjaga martabat manusia, meringankan penderitaan sesama, dan menyelamatkan nyawa orang tanpa memandang ras, suku, etnis, jenis kelamin, agama, atau politik.

Baca juga: Merayakan Kemanusiaan Lewat Sinema di Madani International Film Festival

Menjadi kesempatan satu kali setahun bagi orang-orang di dunia merayakan kemanusiaan, sejarah tentang Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia dimulai pada 1946. Kala itu, sesi pertama Majelis Umum PBB di London dihadiri 51 negara perwakilan dilakukan. Kemudian, Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia tidak lepas dari perayaan Hari Kemanusiaan Sedunia yang diperingati setiap 19 Agustus. Hari Kemanusiaan Sedunia pun dibentuk pada 2009 sebagai penghormatan kepada martir pengebomanan di Markas Besar PBB di Baghdad pada 2007 lalu.

Pada 2011, PBB mulai meluncurkan kampanye bertajuk People Helping People, dimana world campaign ini ditujukan untuk menginspirasi setiap manusia agar berkontribusi pada pekerjaan berbasis bantuan kemanusiaan. Tidak sampai disitu, PBB membuat proyek The World Needs More pada 2013 yang sekaligus menandai lahirnya Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia. Kala itu, PBB mengundang para dermawan dan donatur dari perusahaan-perusahaan swasta untuk melakukan aksi kolaborasi dalam hal dukungan dan bantuan kemanusiaan.

Meski terkesan melibatkan banyak kebutuhan uang, nyatanya Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia bisa dengan mudah dirayakan dengan cara-cara sederhana. Yuk simak ulasan tentang cara merayakan Hari Aksi Kemanuisaan Sedunia berikut:
 

1. Donasi

Ilustrasi donasi (Sumber gambar: Katt Yukawa/Unsplash)

Ilustrasi donasi (Sumber gambar: Katt Yukawa/Unsplash)

Donasi merupakan salah satu cara merayakan Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia yang paling sederhana. Tidak perlu menyumbang dengan uang yang banyak, kamu bisa membagi dana secukupnya kepada orang yang membutuhkan. Kamu juga bisa berdonasi secara langsung kepada orang-orang terdekat yang membutuhkan, atau menyalurkan bantuan ke oorganisasi penggerak aktivitas sosial dan kemanusiaan yang kini sudah banyak menyediakan penggalangan donasi secara digital.
 

2. Donor darah

Ilustrasi donor darah (Sumber gambar: Nguy N Hi/Unsplash)

Ilustrasi donor darah (Sumber gambar: Nguy N Hi/Unsplash)

Selain penting untuk alasan kesehatan, donor darah juga menjadi cara nyata bagi manusia membantu manusia lainnya. Kegiatan mulia ini telah membantu dan menyelamatkan jutaan orang di seluruh dunia yang kehabisan darah karena penyakit atau peristiwa tertentu yang diderita orang-orang. Silakan datangi Palang Merah terdekat untuk menunjukkan kontribusimu melalui donor darah di hari penting kemanusiaan ini.
 

3. Menjadi relawan

Ilustrasi menjadi relawan pengajar (Sumber gambar: Aissa Baouabellou/Pexels)

Ilustrasi menjadi relawan pengajar (Sumber gambar: Aissa Baouabellou/Pexels)

Dengan energi yang penuh semangat, kamu bia berkontribusi lebih untuk memperingati Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia dengan mejadi relawan. Melalui aksi ini, Genhype dapat membagi pengetahuan yang dimiliki sekaligus mendapatkan pengalaman baru dalam bidang kemanusiana. Contohnya, kamu bisa menjadi relawan kegiatan sosial seperti mengajar dan literasi, atau relawan bencana alam.

Genhype, itulah sejarah dan cara merayakan Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia yang diperingati setiap 19 Oktober. Selamat merayakan kemanusiaan!

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

5 Poin Penting Kesiapan Fisik & Mental untuk Pelari Pemula

BERIKUTNYA

Film Before, Now & Then (Nana) Ingatkan Masyarakat Sunda tentang Budaya Mereka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: