Ilustrasi anak-anak miskin (sumber Unsplash/Dulana Kodithuwakku)

Sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia 2022, Tema & Cara Memperingatinya

17 October 2022   |   09:40 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak sih kalau tiap tanggal 17 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia atau International Day for the Eradication of PovertyYap, peringatan ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di seluruh dunia.

Upaya ini dilakukan dengan memberi kesempatan pada orang-orang miskin mengenai keprihatinan dan memperjuangkan hak-hak dasar mereka.

Sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia bermula pada 17 Oktober 1987, di mana Joseph Wresinski,  aktivis kemiskinan bersama 100.000 massa berkumpul di Trocadéro di Paris.

Mereka berkumpul untuk menyatakan bahwa kemiskinan adalah pelanggaran hak asasi manusia, dan meminta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang ditandatangani pada 1948 untuk menghormati hak-hak tersebut.

Baca juga: 5 Kegiatan Sambut Hari Pangan Sedunia 2022 Jadi Lebih Bermakna

Pada saat itu mereka juga menuliskan keyakinannya dalam batu peringatan. Kemudian, melalui resolusi 47/196 yang diadopsi pada 22 Desember 1992, Sidang Umum PBB menyatakan 17 Oktober sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia.
 

Tema Peringatan Hari kemiskinan Sedunia 2022

Laman United Nations (PBB) menuliskan, tema peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia 2022 adalah Dignity For All in Practice, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti Martabat Untuk Semua dalam Praktik.

Makna tema peringatan ini berarti martabat manusia bukanlah hanya hak fundamental, tetapi dasar dari semua hak fundamental lain. Martabat bukanlah konsep abstrak, melainkan hal yang dimiliki setiap individu di dunia.

Menurut PBB, hingga saat ini masih banyak orang yang hidup dalam garis kemiskinan yang terus-menerus mengalami penolakan martabat dan hak-hak dasar hidup mereka tidak dihormati.

Menandai peringatan 35 tahun Hari Penanggulangan Kemiskinan Sedunia dan peringatan 30 tahun Hari Pemberantasan kemiskinan Sedunia, PBB juga mengajak semua pihak untuk bersatu padu mengentaskan kemiskinan secara global.

"Menghormati jutaan orang yang menderita kemiskinan dan keberanian sehari-hari mereka perlu solidaritas global dan tanggung jawab bersama untuk memberantas kemiskinan dan memerangi segala bentuk diskriminasi," tulis laman PBB.


Cara Memperingati Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia 2022

Ada berbagai banyak cara yang bisa Genhype lakukan untuk ikut memperingati Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia yang jatuh pada hari ini, Senin (17/10).

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk ikut menyemarakkan hari tersebut adalah dengan melakukan kegiatan positif yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Berikut adalah beberapa caranya.
 

1.  Melakukan kegiatan amal

Karena tujuan utama dari peringatan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia adalah mengentaskan kemiskinan, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan amal yang ditujukan pada orang-orang miskin di sekitar tempat tinggal.

Cara-cara yang ditempuh misalnya mengumpulkan donasi, atau membuat pasar gratis dengan melibatkan masyarakat, organisasi, dan komunitas yang concern terhadap masalah kemiskinan  di Indonesia.
 

2. Sebarluaskan informasi  

Menyebarluaskan informasi tentang Pemberantasan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia di media sosial juga bisa dilakukan agar semakin banyak orang yang tahu bahwa kemiskinan masih menjadi masalah global yang belum selesai hingga saat ini.
 

3. Turut serta dalam mengentaskan kemiskinan

Hingga saat ini banyak organisasi pemerintah dan non pemerintah yang bergerak untuk terus mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Kalian juga bisa bergabung bersama organisasi tersebut dan ikut andil dalam memberantas kemiskinan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Harga Tiket & Cara Nonton Main Event Piala Presiden Esports 2022 di Istora Senayan Jakarta

BERIKUTNYA

Episode 2 The Queen’s Umbrella Dapat Rating Tinggi, Simak Sinopsis & Daftar Pemainnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: