Sayur sawi (Sumber gambar: Cats Coming/Pexels)

5 Tip Memasak Sayur Sawi agar Tidak Pahit, Gunakan Metode Slow Cooking

13 October 2022   |   09:49 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sayur merupakan pelengkap hidangan yang kaya akan manfaat. Kandungan sayur yang tinggi akan mineral dan vitamin membuat hidangan ini penting untuk hadir dalam menu makanan sehari-hari. Saking pentingnya, Badan kesehatan Dunia, WHO,  merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 gram sayur dalam satu hari.

Namun, tak semua orang suka dengan hidangan sayur. Rasa pahit kerap dikaitkan dengan sayur membuat makanan ini cukup dihindari oleh sebagian orang, sayur sawi contohnya.

Sawi merupakan salah satu sayur yang kaya akan antioksidan dan vitamin K yang bermanfaat membantu proses pembekuan darah. Sayangnya, sayur sawi kerap dihindari karena rasanya yang pahit atau getir. Ternyata, sayur yang diolah dengan cara tertentu dapat membuat rasa pahitnya menghilang.

Baca jugaResep Salad Sayur Hokben yang Tasty ala Chef Devina, Dijamin Anak Suka!

Yuk simak tips memasak sayur sawi agar rasanya tidak pahit.
 

1. Rebus dengan air mendidih

Ilustrasi merebus sayur (Sumber gambar: Anton Nazaretian/Unsplash)

Ilustrasi merebus sayur (Sumber gambar: Anton Nazaretian/Unsplash)


Sayur sawi biasanya dihidangkan dengan cara ditumis dengan bumbu seperti irisan cabai dan bawang. Tak jarang, sayur sawi yang langsung ditumis setelah dicuci akan membuat sayur ini semakin pahit. Dilansir dari the kitchn, sayuran hijau yang lebih dahulu direbus dengan air mendidih sebelum diolah akan membuat rasa pahitnya berkurang.
 

2. Masak dengan aneka rempah dan bumbu

Rempah dan bumbu (Sumber gambar: Praktisha Mohanty/Unsplash)

Rempah dan bumbu (Sumber gambar: Praktisha Mohanty/Unsplash)


Beberapa rempah memiliki aroma dan rasa yang kuat, yang bisa menutupi rasa pahit pada sayur sawi. Menambahkan irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai dalam tumis sayur sawi akan meredam kepahitan dan menyeimbangkan rasa hidangan sayur.
 

3. Tambahkan cuka atau perasan jeruk

Perasan lemon pada sayur (Sumber gambar: Jan Sedivy/Unsplash)

Perasan lemon pada sayur (Sumber gambar: Jan Sedivy/Unsplash)



Salah satu cara meredam pahit adalah dengan menambahkan kekuatan dari asam. Memberikan sedikit cuka atau perasan jeruk saat memasak sayur sawi akan membuat rasa pahitnya menjadi ringan. Kamu bisa memasukkan sedikit perasaan asam sesaat sebelum mengangkat hidangan sayur sawi dari panci atau wajan.
 

4. Taburkan garam

Garam (Sumber gambar: Fedor Zib/Unsplash)

Garam (Sumber gambar: Fedor Zib/Unsplash)


Jangan lupa untuk menambahkan garam yang bisa juga berfungsi sebagai penetral rasa pahit. Taburkan garam secukupnya pada masakan sayur sawi bersamaan dengan ikan teri kecil untuk membuat rasa asin yang tetap gurih. Perpaduan pahit dan asin akan menciptakan hidangan yang lebih terasa netral di lidah.
 

5. Gunakan metode slow cooking

Slow cooking (Sumber gambar: Jason Briscoe/Unsplash)

Slow cooking (Sumber gambar: Jason Briscoe/Unsplash)


Khusus sayuran bertekstur seperti sawi, kangkung, dan lobak, kamu harus merebus jenis sayur ini dengan metode slow cooking. Metode slow cooking menekankan pada cara masak lambat dengan memastikan makanannya benar-benar matang dan setiap bumbu atau rempah meresap dengan sempurna. Metode ini efektif membantu mengurangi rasa pahit dan melunakkan tekstur daun yang keras.

Baca juga3 Tips Menyimpan Sayuran dengan Pembekuan, Mudah & Tahan Lama!

Genhype, itulah beberapa tips untuk memasak sayur sawi agar tidak pahit dan terasa lebih lezat saat dikonsumsi. Selamat mencoba tip ini ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Hari Libur Nasional & Cuti Bersama di Kalender 2023, Simak Tanggalnya Yuk!

BERIKUTNYA

6 Rekomendasi Batik Blazer Kekinian, Bisa Buat Ngantor dan Hangout

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: