Ilustrasi sayuran. (Dok. K15 Photos dari Unsplash)

3 Tips Menyimpan Sayuran dengan Pembekuan, Mudah & Tahan Lama!

25 August 2021   |   08:41 WIB

Segera setelah belanja, kita rutin menyiapkan sayur agar bisa langsung digunakan dan diolah saat hendak dimasak. Namun, ada kalanya hal ini jadi kontraproduktif, ketika sayur yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari justru menjadi layu atau bahkan membusuk saat akan dimasak. Akibatnya, Genhype pun jadi malah membuang waktu, karena harus memisahkan bagian yang layak dengan yang tidak.

Jika Genhype mengalami kesulitan ini, masalahnya mungkin ada pada cara menyiapkan dan menyimpan sayuran tersebut. Untuk menghindarinya, salah satu yang Genhype bisa lakukan adalah menyiapkan dan menyimpan sayur dengan pembekuan. Bagaimana caranya?

1. Siapkan sayur yang akan disimpan
Ilustrasi potongan sayuran. (Dok. Usman Yousaf dari Unsplash)
Berbeda jenis sayuran, berbeda pula persiapan awalnya. Untuk sayuran seperti yang membutuhkan proses pengupasan, seperti misalnya wortel, awali langkah dengan mengupas kulitnya dan potong menjadi dadu atau irisan. 

Sementara itu untuk kacang-kacangan, polong-polongan, dan sayuran lain yang tidak membutuhkan proses pengupasan bisa langsung masuk ke dalam proses pemotongan dengan membaginya menjadi kecil-kecil seukuran bite-sized.

Namun, jangan lupa, sebelum melakukan itu semua, pastikan sayuran telah dicuci ya.

2. Rebus sayuran
 
Ilustrasi merebus sayuran. (Dok. Castorly Stock dari Pexels)
Untuk sayuran bertekstur keras seperti wortel dan kacang-kacangan, langkah berikutnya adalah merebusnya dalam air mendidih yang diberi 1-2 sendok teh garam. Pastikan api yang digunakan cukup tinggi dan rebus selama beberapa menit. Kemudian matikan api dan tiriskan sampai kering.

Sementara untuk sayuran berdaun seperti pokchoy, bayam, dan caisim, rebus dengan teknik blanching (merebus dalam air panas tanpa api selama beberapa menit) lalu tiriskan.

Proses penirisan sayuran bisa memanfaatkan tisu dapur dengan meletakkanya di atas tisu sambil ditepuk pelan, lalu keringkan selama beberapa menit. Teknik ini berlaku untuk semua sayuran.

3. Simpan sayuran dalam plastik klip
 
Ilustrasi menyimpan sayuran. (Dok. Karolina Grabowska dari Pexels)
Setelah semua sayuran kering, simpan dalam beberapa plastik klip dengan pembagian satu jenis sayuran untuk satu plastik. Jangan lupa ketika sudah meletakkan semua sayuran, buang udara yang ada di dalam plastik sehingga tidak ada udara yang tersisa di dalam.

Sayuran beku ini bisa bertahan setidaknya selama enam bulan dalam freezer atau pendingin dan bisa dikeluarkan ketika dibutuhkan.

Caranya cukup sisihkan sayuran yang akan dibutuhkan dan kembalikan sayuran ke dalam pendingin.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Dunkin' Donuts & Krispy Kreme Jual Doffle, Mana Favorit Genhype?

BERIKUTNYA

Asyik! Aktor Serial Hospital Playlist Akan Punya Variety Show Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: