Ilustrasi hidup sehat dan berkelanjutan dengan menanam pohon di rumah. (Sumber gambar : Freepik)

Kurangi Stres, Mulai Hidup Sehat dan Berkelanjutan Yuk!

05 October 2022   |   20:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Mengadopsi gaya hidup sehat dan berkelanjutan di rumah sangat penting di masa sekarang ini. Selain berkontribusi melindungi bumi dari bencana iklim, gaya hidup ini bisa mengurangi risiko terkena penyakit dan berdampak positif bagi keuangan keluarga karena kamu bisa lebih hemat. 

Gaya hidup sehat dan berkelanjutan juga membuat kamu lebih kreatif dan pemikiran kamu bisa jauh lebih positif. Dengan demikian, stres pun berkurang kamu kamu merasa sehat dan selalu merasa cukup.

Baca juga: Tip Membangun Gaya Hidup Sehat Ala Mikha Tambayong, Patut Ditiru Nih!

Untuk memulai gaya hidup berkelanjutan dari rumah, bisa dilakukan melalui langkah sederhana lho, Genhype. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti. 


1. Menanam tanaman pangan sendiri di rumah.

Dengan menanam tanaman pangan di rumah, kamu bisa mengonsumsi makanan organik yang sehat dan berkualitas. Udara di sekitar rumah kamu pun bisa lebih segar dan bersih. 

Kamu juga bisa lebih berhemat karena tidak perlu membeli banyak kebutuhan konsumsi di pasar. Bahkan bisa jadi tambahan penghasilan kamu jika dijual ke tetangga. 

Tanah di pekarangan atau kebun kecil di rumah jadi lebih subur dan bisa menyimpan cadangan air yang lebih baik. Banyak tanaman di rumah bisa membuat kamu rileks dan menyegarkan pandangan.
 

2. Meal prepping untuk menunjang hari kerja lebih sehat dan hemat.

Membawa bekal makan siang menjadi salah satu pilihan yang baik karena dapat menunjang gaya hidup yang lebih sehat dan tentunya hemat. Namun, tidak sedikit dari kamu pastinya merasa tidak cukup waktu untuk menyiapkan bekal ini. 

Jika demikian, kamu bisa menggunakan metode meal prepping. Metode ini merupakan teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak secara sekaligus sehingga kamu hanya perlu memanaskannya sebentar sebelum makan. 

Sebelum melakukan metode ini kamu perlu menulis menu-menu apa saja yang ingin dimasak selama beberapa waktu ke depan. Beberapa hal yang harus kamu siapkan adalah: bahan makanan, alat untuk meal prepping sepert tempat penyimpanan makanan yang berkualitas agar kualitas makanan tetap terjaga dengan baik dan bisa dipanaskan di dalam microwave.


3. Mengompos tanaman.

Peningkatan jumlah sampah organik yang berasal dari sisa makanan dapat menimbulkan masalah serius bagi ekosistem lingkungan. Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mulai peduli akan lingkungan adalah kegiatan mengompos. 

Tidak hanya bisa berkontribusi untuk menyelamatkan bumi, dengan mengompos, rumah akan jauh lebih bersih dan terhindar dari bau sampah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan baku seperti sampah coklat, sampah hijau, tanah, atau air cucian beras. 

Selain itu, sediakan kontainer yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaduk bahan baku atau juga bisa digunakan sebagai tempat pembuatan kompos. Jangan lupa sediakan sekop untuk mendukung kegiatan mengompos di rumah ini ya. 


4. Buat wewangian sendiri.

Rumah yang wangi dan bersih tentu membawa perasaan nyaman dan bikin betah kepada siapapun yang tinggal di dalamnya. Untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman dan memaksimalkan waktu untuk beristirahat di rumah, kamu bisa menggunakan scented candle. 

Aromanya yang soft namun perlahan menyebar ke seluruh ruangan, dan juga cahaya hangat dari apinya, menciptakan kesan rileks dan homey. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dari bahan alami dan berkelanjutan. 

Beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini adalah soy wax, minyak esensial, sumbu lilin, dan wadah lilin. Dengan bahan-bahan sederhana tersebut, kini ruangan kamu tentunya akan memancarkan keharuman khas dan menciptakan suasana yang lebih nyaman. 


5. Upcycling  untuk  outfit  terlihat seperti baru.

Jangan selalu membeli baju dan akhirnya membuat lemari kamu penuh. Kamu bisa mencoba kegiatan upcycling. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pakaian lama yang kamu miliki dan mentransformasikannya menjadi pakaian bahkan tas belanja atau aksesori lain menjadi mode baru. 

Kegiatan upcycling mengambil peran terhadap lingkungan. Limbah tekstil diketahui menjadi salah satu kontributor besar sampah di Indonesia. 

Selain membantu mengurangi sampah limbah tekstil, kamu bisa meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri karena  berhasil bereksplorasi untuk menghasilkan suatu karya  fashion baru. Cukup sediakan gunting, benang dan jarum, potongan kain dan aksesoris, serta bahan dasar untuk membuat karya fashion baru. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sejarah dan Fakta Tren Standar Kecantikan dari Masa ke Masa

BERIKUTNYA

Awas Resesi, Apa Saja Dampaknya Bagi Anak Muda?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: