Ilustrasi ibu dan anak (sumber gambar Unsplash/Paige Cody)

5 Kegiatan Sederhana untuk Rayakan Hari Anak Perempuan Sedunia

11 October 2022   |   13:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Anak Perempuan Sedunia atau International Day of the Girl (IDG) selalu dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 11 Oktober oleh masyarakat global untuk memperingati pentingnya menjaga kesadaran mengenai hak-hak anak perempuan di dunia.

Tahun ini, tema Hari Anak Perempuan Sedunia adalah Our Time is Now-Our Right, Our Future, yang jika dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia berarti, Waktu Kita adalah Sekarang-Hak Kita, Masa Depan Kita. 

Perayaan Hari Anak Perempuan Sedunia dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, seperti memperhatikan tumbuh kembang anak perempuan, memberi edukasi mengenai pengelolaan emosi terhadap anak, hingga kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Baca juga: Sejarah & Tema Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 yang Diperingati Tiap 11 Oktober

Namun, bagi Moms yang masih bingung untuk merayakan hari tersebut, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari Romper, hal-hal yang bisa dilakukan bersama buah hati untuk merayakan International Day of the Girl di rumah.
 

1. Beri waktu dan dengarkan pembelaan anak

Fokus tema Hari Anak Perempuan Sedunia tahun ini adalah mendukung kepemimpinan anak perempuan di masa depan. Dengan mendengarakan apa keinginan mereka, Moms juga dapat membantu sang anak untuk mengambil keputusan yang tepat di masa depan.
 

Ilustrasi anak perempuan (sumber gambar Unsplash/Jose Ibarra)

Ilustrasi anak perempuan (sumber gambar Unsplash/Jose Ibarra)

Jadi, duduklah sejajar dengannya, dan bicara dari hati ke hati mengenai hak-hak mereka, baik yang mereka miliki, inginkan, serta yang sedang dipertaruhkan. Moms, juga dapat memberi mereka waktu untuk mengadvokasi dirinya sendiri dengan mendengar apa uneg-uneg mereka.


2. Didik diri sendiri dan keluarga

Moms juga dapat meluangkan waktu menelusuri sejarah dan pentingnya peringatan Hari Anak Perempuan Sedunia di laman Perserikatan Bangsa-Bangsa, atau membaca tentang GirlForce, sebuah organisasi yang dibentuk untuk memberdayakan kaum perempuan di dunia.

Setelah itu, Moms bisa membicarakan mengenai apa yang telah dipelajari dengan mendiskusikannya bersama keluarga, atau minta mereka membaca bersama agar dapat mengetahui tentang hak-hak anak perempuan yang memiliki potensi cemerlang di masa depan.

Baca juga: 8 Quotes Sambut Hari Anak Perempuan Sedunia 11 Oktober 2022, Yuk Simak Moms!


3. Beli buku karya perempuan dan tentang wanita inspirasional

Ada banyak buku pemberdayaan perempuan dan feminis untuk anak-anak, seperti biografi anak-anak tentang wanita hebat, buku sosok-sosok feminis dunia bergambar untuk anak, serta kisah-kisah lain yang dapat memberi inspirasi bagi mereka di masa depannya nanti.

Untuk perayaan Moms sendiri, carilah karya-karya penulis wanita hebat yang dapat dibaca oleh orang dewasa di dunia, seperti karya-karya Nawal el-Saadawi, Annie Ernaux, J.k Rowling, N.H Dini, atau membaca mengenai buku-buku parenting yang dapat membuat hubungan dengan sang anak semakin erat.


4. Belajar sesuatu yang baru

Apakah anak perempuan Moms ingin mencoba hal-hal yang baru seperti belajar fotografi atau yang lain? Jika ya, maka luangkan waktu sejenak untuk mereka yang dalam hal ini juga menjadi kesempatan bagi kalian untuk mempelajari sesuatu yang baru.
 

Ilustrasi anak perempuan ( sumber gambar Unsplash/Jose Ibarra)

Ilustrasi anak perempuan ( sumber gambar Unsplash/Jose Ibarra)


Selain itu, sebagai bentuk inisiatif, Moms juga bisa mengajak keluarga ke kelas memasak, kelas kerajinan, kelas melukis, kelas alam, atau apa pun yang menurut kalian bisa menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.


5. Diskusikan isu terkini mengenai hak anak perempuan di dunia

Moms juga bisa mendiskusikan mengenai kenyataan terkini di dunia mengenai hak-hak anak perempuan yang sering diabaikan bahkan tidak diberi ruang serta mendapat ancaman hingga menyebabkan kematian. Tak hanya itu, Moms juga bisa memberitahu mereka mengenai hak-haknya yang dapat diterapkan di lingkungan sekitar.

Cerita mengenai gelombang protes di Iran pasca meninggalnya Mahsa Amini yang ditangkap karena diduga tidak menutupi rambutnya dan melanggar aturan berpakaian di sana juga bisa Moms ceritakan pada sang anak agar  menjadi pengingat bagi mereka mengenai pentingnya memiliki kesadaran terhadap hak-hak perempuan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Nadin Amizah Gelar Konser Selamat Ulang Tahun 22 Desember 2022, Cek Info Selengkapnya!

BERIKUTNYA

Film Confidential Assignment 2: International Masuk 5 Besar Box Office Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: