Pempek (Sumber gambar: Faiz Dila/Pixabay)

7 Camilan yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan, Ada Pedas, Manis & Berkuah

10 October 2022   |   16:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Menyambut musim hujan yang mulai datang, semua pasti sepakat akan pentingnya mempersiapkan diri untuk menjaga kesehatan dengan baik. Selain itu, beberapa barang yang dibutuhkan agar selalu siap siaga di dalam tas, misalnya payung atau jas hujan.

Namun, jika Genhype libur dan hanya seharian di rumah saat musim hujan, pastinya bisa memanfaatkan momen ini dengan bersantai sembari mengudap camilan favorit yang cocok dinikmati saat hujan.

Baca juga: 5 Camilan Alternatif untuk Penyuka Makanan Manis

Tidak harus makanan mahal, banyak camilan khas kuliner lokal yang cocok disantap saat musim hujan. Selain bisa membuat tubuh menjadi hangat, camilan-camilan ini juga bercita rasa lezat. Yuk simak rekomendasi camilan yang pas buat musim hujan dalam ulasan berikut.
 

1. Kembang Tahu

Kembang tahu (Sumber gambar: Lady of Letters/Pixabay)

Kembang tahu (Sumber gambar: Lady of Letters/Pixabay)


Kembang tahu menjadi salah satu makanan yang cocok menemani kala hujan turun. Mengonsumsi kembang tahu yang hangat tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, namun juga mengenyangkan karena kaya akan protein. Kuahnya yang hangat cukup enak dinikmati sebagai camilan saat cuaca dinging. Meski begitu, camilan ini bisa juga dinikmati dingin, yakni dengan menambahkan es batu pada sajian kembang tahu sebagai santapan yang segar saat cuaca panas.
 

2. Pisang Goreng

Pisang goreng (Sumber gambar: Masbebet/Pixabay)

Pisang goreng (Sumber gambar: Masbebet/Pixabay)


Tidak melulu makanan berkuah, sajian pisang goreng yang manis dan lembut juga bisa menghangatkan tubuh di tengah hujan. Pisang goreng sangat cocok dikonsumsi bersama keluarga saat tak bisa keluar rumah karena situasi hujan. Untuk membuatnya semakin lezat, Genhype bisa menambahkan parutan keju atau taburan cokelat meses sebagai topingnya.
 

3. Pempek

Pempek (Sumber gambar: Jamaludin Muh/Pexels)

Pempek (Sumber gambar: Jamaludin Muh/Pexels)


Ingin makanan yang pedas dan berkuah di tengah cuaca dingin? Makanan khas Palembang ini bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi saat musim hujan. Pempek yang hangat dan garing, dipadukan dengan kuah cuko yang pedas dan kental dijamin enak dinikmati saat hujan, dan tentunya membuat perut kenyang.
 

4. Mie Rebus

Mie Rebus (Sumber gambar: Ikhsan Baihaqi/ Unsplash)

Mie Rebus (Sumber gambar: Ikhsan Baihaqi/ Unsplash)


Rasanya, mie rebus menjadi makanan paling mudah dinikmati saat musim hujan. Bahkan tak perlu membeli, Genhype bisa memasaknya sendiri dengan bahan seadanya di dapur. Camilan berkuah ini bisa disesuaikan rasanya mulai dari tekstur hingga pilihan cita rasa kuahnya.
 

5. Seblak

Seblak (Sumber gambar: R Eris Prayatama/Unsplash)

Seblak (Sumber gambar: R Eris Prayatama/Unsplash)


Makanan khas Bandung ini juga sangat pas menemani kala hujan turun. Kuah beraroma kencur yang pedas akan menghangatkan tubuh saat musim hujan. Isian seblak pun beragam sesuai dengan selera, misalnya ada kerupuk, telur, mie kuning, sayuran, macaroni, bakso, hingga ceker ayam.
 

6. Serabi

Surabi (Sumber gambar: Anton Tezar/Pexels)

Surabi (Sumber gambar: Anton Tezar/Pexels)


Masih seputar jajanan khas Bandung, serabi alias surabi bisa jadi pilihan untuk penggemar kue gurih dan manis saat hujan turun. Jajanan pasar tradisional ini dibuat dengan tepung beras dan santan kelapa, yang dipanggang di atas cetakan dari tanah liat.

Baca juga: Resep Onde-Onde Ketawa, Camilan Mini Renyah & Mekar khas Pematangsiantar

Teksturnya yang lembut dan berpori, dipadukan dengan gurihnya santan dan manisnya gula aren cair, menjadi camilan enak saat malas gerak di musim hujan.
 

7. Combro dan Misro


Hidangan combro dan misro bisa dengan mudah ditemui di jalanan. Biasanya, gorengan dengan bahan dasar singkong ini banyak dijajakan dalam kondisi hangat sehingga cocok dijadikan kudapan saat musim hujan. Combro umumnya berisi tumisan bumbu gurih dengan oncom, sedangkan misro berisi gula merah dengan cita rasa manis.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Sejarah dan Ciri Khas Gaya Arsitektur Renaisans

BERIKUTNYA

Penting! Panduan Lengkap Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: