Aku dan Chairil Anwar akan dibahas di Komunitas Salihara. (sumber gambar : Komunitas Salihara)

Komunitas Salihara Akan Mengadakan Siniar Ngomong-ngomong Soal: Aku dan Chairil Anwar

06 October 2022   |   14:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Untuk merayakan 100 tahun pujangga Chairil Anwar,  Komunitas Salihara menghadirkan siniar Ngomong-ngomong Soal: Aku dan Chairil Anwar. Para penggemar sastrawan yang berjuluk  Si Binatang Jalang ini dapat mendengar siniar melalui Spotify, Apple Podcast, aplikasi NOICE, atau menonton di  YouTube Komunitas Salihara.

Sang pujangga adalah sosok yang dikenal sebagai pendobrak perkembangan sastra di Indonesia. Sejumlah karya telah lahir dari penyair ini. Karya-karya Chairil Anwar banyak menginspirasi seni sastra di Tanah Air, yang hadir dalam berbagai bentuk seperti film, teater, tulisan, dan sebagainya.

Genhype dapat mengenal sosok sang penyair lebih dalam lewat paparan sejumlah tokoh yang akan menceritakan pengalamannya dengan sang legenda. Program siniar ini akan terbagi menjadi 3 episode. Berikut episode tersebut.


Episode 1:  Putri Minangsari

Episode pertama akan tayang pada 10 Oktober 2022. Di episode ini, para pendengar dapat mengetahui bagaimana pertemuan Putri Minangsari dan karya Chairil Anwar yang dimulai sejak bangku Sekolah Dasar (SD) lewat puisi Aku.

Bagi sang seniman, puisi berjudul Aku kerap menginspirasi dan menjadi sumber penguatan selama masa remaja. Tidak hanya itu, episode ini juga akan menyajikan karya Chairil yang menjadi pilihan Putri yang merupakan seorang penulis dan penari.
 

Episode 2: Hamzah Muhammad

Pada episode kedua yang akan tayang 17 Oktober 2022, Genhype dapat menikmati kisah seorang penerjemah dan penyair Hamzah Mahmud yang banyak menemukan relevansi antara sajak Chairil dengan kehidupan sehari-hari.

Hamzah akan menghadirkan tiga puisi Chairil sebagai sajak pilihan yakni Lagu Biasa, Prajurit Jaga Malam, dan Aku Berkisar Antara Mereka.

Bagi Hamzah, ketiga puisi dari sang legenda memiliki benang merah dengan peristiwa sehari-hari yang dialami oleh diri. Siniar ini juga akan memperlihatkan bagaimana pertemuan awal sang penulis buku Hompimpa Alaium Gambreng dengan karya Chairil.


Episode 3: Dewi Anggraeni

Pendengar dapat menikmati diskusi bagaimana Dewi Anggraeni sebagai seorang dosen program Studi Jepang di salah satu universitas di dalam negeri mendalami karya Chairil saat sedang meneliti hubungan Jepang dan Indonesia pada massa penjajahan Jepang pada episode yang tayang 24 Oktober 2022.

Sang dosen memiliki pandangan bahwa karya Chairil yang bertemakan bahari memiliki kesan tersendiri yang berbeda dengan penggambaran wacana laut di sastra-sastra lainnya. Sang penyair membuat karya bertema laut dengan sudut pandang dari daratan.

Sajak-sajak ini bisa dilihat dalam karya Chairil yang berjudul Buat Album D.S., Kabar dari Laut, Cintaku Jauh di Pulau, dan Senja di Pelabuhan Kecil.

Untuk diketahui, produksi siniar Ngomong-ngomong Soal: Aku dan Chairil Anwar merupakan bagian dari program Seratus Tahun Chairil Anwar oleh Komunitas Salihara.

Acara Seratus Tahun Chairil Anwar akan diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2022 dengan menghadirkan beberapa program seperti diskusi, ceramah, kompetisi debat sastra, dan pameran arsip Chairil Anwar yang berlangsung hingga 4 Desember 2022.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Tak Perlu Ragu ke Psikolog, 4 Stigma Buruk Ini Tidak Terbukti

BERIKUTNYA

5 Persiapan Penting Sebelum Nonton Konser Musik, Biar Badan tetap Fit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: