Penyanyi Loretta Lynn (Sumber gambar: Instagram)

Profil Loretta Lynn, Legenda Musik Country Amerika & Karya-Karya Terbaiknya

05 October 2022   |   11:54 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penyanyi dan Ratu musik country, Loretta Lyn, yang memiliki pengaruh besar terhadap industri musik di Amerika tutup usia pada umur 90 tahun pada selasa, (4/10). Kabar itu disampaikan oleh keluarganya di laman medsos Instagram Lynn, yang mengatakan penyanyi itu meninggal dengan tenang.

"Ibu kami yang berharga, Loretta Lynn, meninggal dengan tenang pagi ini, 4 Oktober, dalam tidurnya di rumah di peternakan kesayangannya di Hurricane Mills." tulis postingan keluarga Loretta Lynn.

 

Suara merdu Loretta Lyn memang telah menemani masyarakat Amerika dengan nuansa-nuansa lagunya yang menyiratkan suasana pedesaan dengan iringan musik country yang khas hingga dia dinobatkan sebagai Ibu Negara Musik country. 

Lynn lahir pada 14 April 1932, dan dibesarkan di Butcher Hollow, sebuah komunitas penambang batu bara di Kentucky, Amerika Serikat. Sebagaimana saudaranya yang lain, Lynn mulai bernyanyi sejak kecil dan mengejar karir di bidang musik.

Baca jugaHari Ini dalam Sejarah Musik Dunia, Bob Marley Meninggal hingga Rolling Stones Diusir dari Hotel

Pada usia 21 tahun bersama suami dan keluarganya, Lynn pindah ke Washington untuk mencari peluang kerja yang lebih baik, Dia lalu memilih untuk fokus berkarir menjadi musisi dengan membentuk band bersama saudaranya, Jay Lee Webb, yang bernama Traiblazers.

Dari sinilah kemudian karirnya moncer setelah tampil perdana di ajang pencarian bakat yang disiarkan televisi Amerika yang akhirnya dia menangkan. Tak lama setelah itu Lyyn juga mendapat kontrak dengan label rekaman Decca Records.


Karir dan Daftar Karya Populer Loretta Lynn

Dikutip dari Britannica, Lynn merilis single pertamanya pada tahun 1960 dengan tajuk I'm Honky Tonk Girl yang sempat menjadi hit dengan gaya musik country yang khas dan suara merdunya yang unik.

Dua tahun berselang, Loretta Lynn juga bergabung dengan Grand Ole Opry, hingga dia menelurkan lagu hit seperti Don't Come Home A-Drinkin yang menceritakan pengalaman kelamnya hidup bersama sang suami yang alkoholik.

Pada tahun 1970 Lynn juga merilis lagu andalannya, Coal Miner’s Daughter, yang kemudian menjadi salah satu lagu yang memuncaki tangga lagu Billboard Country dan mencatat rekor penjualan lebih dari 5 juta kopi.
 

Selama waktu ini dia juga melakukan kolaborasi dengan Conway Twitty atau Harold jenkins. Duo musisi ini kemudian merilis serangkaian lagu dan album hit, meskipun Lynn juga tetap melanjutkan karir solonya.

Tahn 1973, Lynn kembali mendobrak blantika musik country AS dengan lagu Rated X yang kontroversial di mana liriknya secara blak-blakan mengajak publik untuk bercerai jika merasa gagal dalam pernikahan. Lagu ini juga berhasil memuncaki Billboard Country Chart. 

Lynn pensiun dari bisnis musik pada 1990-an karena popularitasnya menurun. Tapi dia mulai mulai melakukan rekaman lagi pada dekade 200-an lewat album Van Lear Rose yang diproduseri oleh Jack White.

Kini, Loretta Lynn sudah tiada, tapi musiknya tentu akan tetap menemani masyarakat Amerika dan dunia sambil membayangkan suasana alam pedesaan yang riang dengan savana yang  luas dan jalanannya yang lengang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Tampil Musisi di Synchronize Festival 2022 Akhir Pekan Ini

BERIKUTNYA

Daftar Fans K-Pop yang Galang Donasi Korban Kanjuruhan, Total Dana Hampir Rp1 Miliar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: