Ilustrasi stadion sepakbola (Sumber gambar: Jordan Rowland/Unsplash)

5 Tragedi Sepak Bola Terkelam Sepanjang Sejarah Dunia

02 October 2022   |   20:20 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Dunia sepak bola Indonesia tengah berduka mendengar peristiwa Kanjuruan Berdarah yang terjadi pada 1 Oktober 2022. Pasalnya, gelaran pertandingan sepak bola antara tim Arema vs Persebaya yang terselenggara di Malang itu harus berakhir ricuh dengan pertengkaran antara supporter.

Dari keterangan sementara yang dirangkum Kementerian Kesehatan, Menteri Siti Nadia Tarmidzi menyatakan tragedi itu sudah merenggut total 129 nyawa dan 188 orang lainnya mengalami luka ringan hingga berat. Korban yang terluka tengah dirawat di berbagai rumah sakit hingga puskesmas di kota Malang.

Baca juga: Papua Cetak Bakat-Bakat Baru Sepak Bola Calon Pemain Top Nasional

Tragedi kerusuhan dalam pertandingan sepak bola bukan baru pertama kali terjadi. Sepanjang sejarah, terdapat beberapa tragedi sepak bola yang paling tragis bahkan terukir dalam sejarah dunia olahraga. Hypeabis.id telah merangkum tragedi sepak bola paling tragis sepanjang sejarah dunia berikut.
 

1. National Stadium, Peru


Kejadian kerusuhan ini terjadi pada 1964 di Lima, Peru, Amerika Latin. Masih tercatat sebagai tragedi sepak bola paling tragis di dunia, peristiwa itu memakan 328 nyawa orang yang tewas mengerikan. Dilansir dari football stadium, kala itu tampak api berkobar diiringi sahutan supporter menggema di stadion yang tengah melangsungkan kualifikasi Olimpiade 1964. Tak disangka, pertandingan Peru vs Argentina kala itu membuat peristiwa tragis yang tak terlupakan sepanjang sejarah.
 

2. Stadion Kanjuruhan, Malang

Peristiwa yang baru terjadi di Stadion Kanjuruan, Malang, Indonesia kemarin menempati posisi kedua sebagai peristiwa paling tragis dalam catatan sejarah sepak bola. Stadion Kanjuruhan harus menjadi saksi pergelutan ratusan manusia di tengah lapangan hijaunya. 

Mengutip Facebook Divisi Humas Polri, dikutip Senin (3/10/2022), dari hasil penelusuran pihak kepolisian, sebanyak 125 orang korban tercatat meninggal dunia dalam tragedi memilukan tersebut. Sementara itu, korban luka mencapai 323 orang.
 

3. Heysel Stadium, Belgia

Kericuhan yang terjadi dalam pertandingan Liga Champions antara Liverpool vs Juventus pun tak lepas dari nyawa korban yang melayang. Dilansir darii situs Liverpool, tercatat 39 korban nyawa yang menghilang di Heysel Stadium, Belgia pada 29 Mei 1985 tersebut. Keributan juga memicu kerusakan stadion yang dikatakan cukup parah.
 

4. Hillsborough Stadium, Inggris

Kejadian kelam juga menimpa supporter dalam pertandingan Liverpool vs Nottingham Forest pada 15 April 1989. Kala itu, sepakbola Inggris berduka dengan meninggalnya 96 orang dan ratusan korban luka di kota Sheffield. Kejadian ini sekaligus melibatkan Liverpool untuk kedua kalinya dalam insiden mengerikan di dunia sepak bola.
 

5. Bradford City Stadium, Inggris


Peristiwa kali ini tidak terjadi kerusuhan, melainkan insiden kebakaran yang melahap seantero tribun dan lapangan sepakbola di Bradford City Stadium, Inggris. Dilansir dari situs Bradford City FC, Peristiwa 11 Mei 1985 itu terjadi saat pertandingan Bradfod City vs Lincoln City. Kemudian tiba-tiba api berkobar dan membakar staion sehingga supporter berlarian keluar lapangan. Kejadian ini menelan setidaknya 56 orang meninggal dan puluhan lainnya mengalami luka akibat terbakar.

Genhype, itulah tragedi sepak bola paling tragis yang pernah tercatat dalam sejarah dunia. Turut beduka untuk sepak bola Indonesia atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

7 Gerakan Workout Bareng Bestie, Bikin Olahraga Semakin Menyenangkan!

BERIKUTNYA

5 Fakta tentang Gas Air Mata, Begini Dampaknya pada Saluran Nafas dan Kulit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: