Ilustrasi toilet (Sumber gambar: 99 films/Unsplash)

Berharga Fantastis, Yuk Cek 8 Toilet Termahal dan Termewah di Dunia

30 September 2022   |   23:20 WIB

Toilet merupakan salah satu fasilitas sanitasi dalam perlengkapan rumah yang kegunaannya utamanya adalah untuk pembuangan kotoran manusia baik urin dan feses. Karena kegunaannya sangat penting untuk kebutuhan sanitasi manusia, tidak jarang penghuni rumah membuat toiletnya agar bisa digunakan senyaman mungkin.

Jika toilet dikenal dengan desain seadanya, ternyata ada beberapa toilet didunia yang dibangun dengan harga fantastis dan berkelas mewah.

Baca juga: Sering Bawa Handphone ke Toilet? Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Sebagian orang meyakini jika toilet perlu dibuat dengan desain yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Toilet yang dibanderol dengan harga mahal ini bukan karena materialnya saja, melainkan juga berbagai fitur istimewa yang canggih untuk para penggunanya. Yuk simak beberapa desian toilet berharga fantastis dalam ulasan berikut:
 

1. Toilet NASA

Toilet NASA (Sumber gambar: Youtube/European Space Agency)

Toilet NASA (Sumber gambar: Youtube/European Space Agency)

Dilansir dari situs Space, NASA meluncurkan toilet luar angkasa pada 29 September 2020. Toilet ini didesain untuk stasiun luar angkasa di atas kapsul kargo Northrop Grumman Cygnus sebagai bagian dari misi untuk kenyamanan para astronot wanita. Toilet seharga US$23 Juta ini dibuat dengan sistem canggih untuk mendunkung kehidupan astronot wanita di luar angkasa.

Dilengkapi dengan sistem canggih dan praktis untuk keperluan astronot, toilet ini dibuat dengan desain yang praktis bagi para penggunanya. Terdapat beberapa fitur canggih yang diunggulkan di toilet terbaru ini, seperti kemampuan daur ulang dan  mengurangi baru urin dan fases yang menyengat. Daur ulang kotoran manusia ini dimanfaatkan kembali untuk keperluan lainnya di stasiun luar angkasa.
 

2. Hang Fung Gold

Dibanderol dengan harga US$5 Juta, Hang Fung memberikan nuansa toilet yang penuh dengan balutan emas 24 karat dengan aksen vintage dan mewah. Toilet ini merupakan dipamerkan di Hall of Gold sebagai toilet demonstrasi yang bisa dilihat oleh publik. Saking tenarnya, banyak wisatawan yang datang hanya untuk berfoto di dalam toilet mewah ini. Meski sangat mahal, tidak ada fitur khusus yang menonjol dari toilet ini, melainkan hanya mengandalkan material bahan emas saja.
 

3. Toilet Guggenheim Museum

Toilet Guggenheim Museum (Sumber gambar: Twitter.com/Guggenheimmuseum)

Toilet Guggenheim Museum (Sumber gambar: Twitter.com/Guggenheimmuseum)

Toilet yang berada di kawasan museum seni di New York, Amerika Serikat ini didesain oleh seniman Italia yang menggunakan emas 18 karat pada setiap detail toiletnya. Toilet ini juga dapat digunakan oleh publik yang menggunjungi Guggenheim Museum. Tampilan pada toilet ini juga terkesan sederhana dengan fitur flush tanpa penutup di bagian atasnya.


4. Toilet Shrine to Lenin

Toilet milik Winger Lam ini berharga fantastis karena desain emas dengan ukiran yang unik. Dengan harga US$4,8 Juta, sinar emasnya bahkan dapat terlihat pada bagian wastafel hingga langit-langit kamar mandi ini. Meski tidak memiliki fitur khusus, toilet ini bertabur emas dan 6000 permata yang mahal menyebar di sekitar toiletnya.
 

5. Moon River Art Park

Terletak di salah satu taman seni di Shanghai, China, toilet ini dihargai US$750 ribu yang akrab dengan nuansa natural dari alam. Toilet ini dapat digunakan untuk umum asalkan orang tersebut merupakan pengunjung Moon River Art Poark yang sudah membeli tiket masuk.

Sebagai salah satu wisata popular di Shanghai, taman ini menawarkan toilet dengan konsep menarik yang terletak di dalam gua buatan setinggi 10 ribu kaki. Kamu bisa merasakan sensasi toilet yang ramah untuk hewan gua seperti kelalawar.
 

6. Toilet Louis Vuitton

Toilet Louis Vuitton (Sumber gambar: Tradesy)

Toilet Louis Vuitton (Sumber gambar: Tradesy)

Toilet ini merupakan karya kolaborasi Tredesy dengan seniman ternama Ilma Gore. Toilet ini dipajang dan dijual terbatas di showroom Tradesy. Dihargai US$10 ribu, toilet ini dirancang Ilma Gore selama tiga bulan menggunakan total 24 tas Louis Vuitton dan koper seharga US$3 ribu untuk menonjolkan estetika toilet dengan seni yang tinggi. Secara fitur, toilet ini tidak memiliki keunggulan khusus selain estetika karena material mahal dari brand ternama tersebut.


7. The Swarovski Crystal

Toilet seharga US$128 ribu ini didesain untuk mempromosikan distrik perbelanjaan untuk kalangan menengah atas di Tokyo, jepang. Dengan toilet berharga tinggi tersebut, toilet ini menekankan keunggulannya pada material dibanding teknologi. Terdapat sekitar 72 ribu kristal Swarovski yang melapisi bagian toiletnya.
 

8. Herbeau 5501 Dagobert Solid Ash

Memiliki desain berbeda dengan toilet lainnya, toilet seharga US$14,3 juta ini terletak di King Dagobert yang lekat dengan elemen menarik. Dengan desain toilet berbentuk kursi kayu, pengguna dapat merasakan fitur lonceng dan dering yang digunakan pada tali untuk menyiram seperti sistem flush.  Toilet dengan kayu ini juga dilengkapi polikrom mounstrier yang diukir langsung oleh tangan manusia.

Editor: Dika Irawan 
SEBELUMNYA

Citarasa Rempah pada Keanekaragaman Rujak

BERIKUTNYA

Cek Harga Tiket & Seat Plan Konser Stray Kids, Ada Kesempatan Ikut Soundcheck!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: