Madeleine (Sumber gambar: Jonathan Pielmayaer/Unsplash)

Asal-usul & Fakta Unik Madeleine, Kue Klasik Khas Prancis Berbentuk Cangkang Kerang

30 September 2022   |   18:32 WIB

Setiap negara memiliki makanan tradisional yang khas. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi jenis makanan unik yang berbeda-beda ini, seperti ketersediaan bahan, hingga selera masyarakat di tempat tersebut.

Terkenal dengan makanan menarik seperti macaron dan crepes, Prancis menjadi salah satu negara dengan dessert yang lezat dan disukai banyak masyarakat dunia. Namun, apakah Genhype sudah mengenal makanan bernama Madeleine?

Madeleine merupakan salah satu makanan tradisonal khas Prancis yang unik dan dikonsumsi masyarakatnya hingga sekarang. Rasanya yang gurih dan tidak terlalu manis ini ternyata mengenyangkan untuk dikonsumsi sebelum jam makan malam.

Baca juga: 5 Camilan Alternatif untuk Penyuka Makanan Manis

Saking populernya, kue ini sudah mendunia dan dikonsumsi di berbagai negara di dunia.
 

Asal-usul Madeleine

Madeleine (Sumber gambar:Adam Bartoszewicz/Unsplash)

Madeleine (Sumber gambar:Adam Bartoszewicz/Unsplash)


Dilansir dari theculturetrip, Madeleine pertama kali dibuat oleh seorang koki bernama Jean Avice di abad ke-19. Sejarah lain menyebutkan, kue ini ditemukan oleh koki pastry bernama Madeleine untuk Duke of Lorraine bernama Stanislas Leszczynski. Setelahnya, kue ini banyak diproduksi di Lorraine pada 1700-an.

Kelezatan kue Madeleine mulai menyebar setelah Raja Louis XV pertama kali mencicipinya saat berkunjung ke Lorraine. Kemudian raja Louis XV memberikan kue ini kepada istirnya, Marie yang kemudian berlanjut hingga ke orang-orang di pengadilan Prancis.
 

Fakta Unik Madeleine

1. Memiliki bentuk seperti cangkang kerang

Memiliki tekstur lembut berbentuk mini, kue ini memiliki bentuk khas mirip dengan cangkang kerang. Cetakan berbentuk cangkang kerang ini dipercaya merupakan kreatifitas sang koki Madeleine yang mencampurkan semua bahan resep dan mencetaknya di cetakan khusus sebelum dipanggang dan disajikan kepada Stainslas Leszcynski.


2. Terbuat dari tepung, gula, dan mentega

Madeleine terbuat dari telur, tepung, gula, dan mentega yang diolah menjadi kue bolu lembut. Mulanya kue ini tersaji dengan klasik dan original dengan isian kacang halus, namun seiring perkembangan zaman, Madeleine dibuat kekinian dengan varian rasa dan isian yang beragam seperti keju, cokelat, vanilla, dan sebagainya.


3. Dikonsumsi saat pagi atau sore hari

Masyarakat Prancis mengkonsumsi kue ini untuk sarapan atau camilan di sore hari sebelum menunggu jam makan malam. Hingga saat ini, tradisi memakan kue ini masih dilestarikan oleh warga di Prancis.


4. Tekstur yang mirip dengan sponge cake

Pada kue klasiknya, Madeleine memiliki ukuran yang tebal namun ringan, lembut, dan halus yang mirip seperti tekstur pada sponge cake.


5. Disajikan dengan parutan kulit lemon dan teh

Warga Prancis mengkonsumsi Madeleine ditemani dengan teh di pagi atau sore hari. Biasanya, Madeleine disajikan dengan parutan kulit lemon di bagian atasnya. Genhype, itulah sejarah dan fakta unik mengenai Madeleine yang popular di Prancis. Apakah Genhype teratrik untuk mencobanya?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Kulit Perih Terbakar Matahari? Yuk Simak 5 Cara Mudah  Mengatasi Sunburn

BERIKUTNYA

4 Tips Simpel Menggunakan Pasmina Plisket, Modis dan Anti Ribet!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: