Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020. (Sumber gambar: BPMI Setpres)

Diperingati Tiap 1 Oktober, Yuk Simak Fakta-Fakta di Balik Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila

30 September 2022   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki banyak hari-hari bersejarah yang diperingati rutin setiap tahunnya. Salah satu di antaranya adalah Hari Kesaktian Pancasila yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022. Peringatan ini dilakukan untuk mengenang kembali sejarah masa lalu dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Sebagai sebuah peristiwa sejarah, Hari Kesaktian Pancasila ternyata  juga memiliki fakta-fakta unik yang patut untuk diketahui khalayak agar dapat lebih terbuka dalam melihat masa lalu sehingga menjadi pelajaran untuk masa depan Indonesia.

Nah, bagi yang penasaran, yuk simak lima fakta di balik Hari Kesaktian Pancasila yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut:

Baca juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila, Apa Bedanya dengan Hari Lahir Pancasila?


1. Berawal dari Tragedi

Hari Kesaktian Pancasila lahir dari tragedi perjalanan bangsa Indonesia di masa silam, tepatnya pada tahun 1965, di mana terjadi pembunuhan terhadap tujuh pahlawan revolusi, serta 500.000 penduduk yang dibunuh di sejumlah daerah pasca peristiwa G30S 1965.

Dikutip dari LIPI, sejarawan Ibnu Murti Hariyadi mengatakan, tragedi pembunuhan masal ini juga banyak menelan talenta-talenta berbakat Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kalangan buruh tani, guru, hingga insinyur-insinyur perkeretaapian yang diduga tidak tersangkut ideologi komunisme. 
 

2. Ditetapkan Oleh Soeharto

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Presiden Soeharto satu hari setelah pecah peristiwa G30S pada 1965, yang dia gaungkan untuk mengingatkan bahwa Pancasila tidak bisa digantikan dengan ideologi dan paham apapun.

Pada masa Orde Baru, setiap tanggal 1 Oktober juga ada semacam ritual khusus pengibaran bendera untuk memperingati Persitiwa G30S dan hari Kesaktian Pancasila. Pada tanggal 30 September, bendera merah putih akan dinaikkan setengah tiang, dan esok harinya baru dinaikkan secara penuh.
 

3. Berbeda dengan Hari Lahir Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila ternyata juga berbeda loh Genhype. Pada hari yang pertama digunakan untuk memperingati peristiwa G30S, sementara pada hari kedua untuk memperingati lahirnya ideologi Pancasila yang dibacakan Soekarno pada 1 Juni 1945.

Proses kelahiran Pancasila diketahui terjadi dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang mana Bung Karno waktu itu menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, hingga akhirnya disempurnakan oleh Panitia Sembilan.
 

4. Bebarengan dengan Hari Penting Lain

Hari Kesaktian Pancasila juga bebarengan dengan hari penting lain, yakni Hari Vegetarian Sedunia yang juga jatuh pada 1 Oktober, yang merupakan hasil inisiasi Masyarakat Vegetarian Amerika Utara (NAVS) pada tahun 1977, dan didukung Persatuan Vegetarian Internasional (IVU) setahun kemudian.

Tak hanya itu, pada tanggal 1 Oktober juga ada peringatan lain, yakni Hari Lanjut Usia (Lansia) internasional yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)  pada tahun 1990 dan mulai resmi dirayakan di seluruh dunia sejak 1991.
 

5. Dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti

Setiap tahunnya, acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga selalu dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan upacara khusus.

Tahun ini, tema yang diambil adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila di mana upacara akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022, dan berlangsung dari pukul 08.00 WIB - 08.31 WIB. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Viral Lesty Kejora dan Rizky Billar, Ini Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga

BERIKUTNYA

Waspada Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak, Pantau Gejalanya Bun!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: