Monumen Pancasila Sakti (Sumber Foto: wikimedia commons)

Diperingati Tiap 1 Oktober, Ini Ucapan Hari Kesaktian Pancasila dan Peristiwa G30S/PKI

30 September 2024   |   14:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Momen ini memperingati peristiwa besar dalam sejarah Indonesia, yakni Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI. 

G30S/PKI menandai aksi kudeta pada masa pemerintahan Presiden Soekarno yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), salah satu partai tertua dan terbesar di Indonesia yang mengusung ideologi komunis.

Baca juga: Diperingati Tiap 1 Oktober, Yuk Simak Fakta-Fakta di Balik Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila

Peristiwa tersebut berlangsung pada 30 September - 1 Oktober, menewaskan enam jenderal dan satu orang perwira pertama militer Indonesia. Jenazah mereka dimasukkan ke dalam suatu lubang sumur lama di area Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Tahun ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 mengusung tema 'Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas'. Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Genhype bisa membagikan sejumlah ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2024 di media sosial, seperti berikut ini.
  • Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, yakni Indonesia.
  • Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila! Semoga nilai-nilai luhur Pancasila senantiasa menjadi pedoman dalam menjaga persatuan bangsa.
  • Hari ini kita mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang gugur demi melindungi bangsa dan negara, semoga semangat mereka menginspirasi kita untuk menjaga keutuhan NKRI.
  • Pengorbanan para pahlawan tak pernah sia-sia, Pancasila akan selalu menjadi pedoman untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.
  • Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Jangan biarkan sejarah kelam G30S/PKI terulang, mari jaga persatuan dan kebhinekaan bangsa.
  • Mengenang jasa pahlawan yang telah berkorban demi bangsa. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, mari kita perkuat semangat persatuan bangsa dan negara
  • Peristiwa G30S/PKI adalah pengingat bagi kita untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila. Hormat setinggi-tingginya untuk para pahlawan.
  • Semangat juang para pahlawan tetap hidup dalam sanubari kita. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, mari perkokoh persatuan Indonesia.
  • Pancasila, tonggak penegak persatuan dan keadilan. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, kobarkan terus semangat abadi dalam jiwa.
  • Indonesia akan semakin bertumbuh dan tangguh saat warga negaranya senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Kesaktian Pancasila ke-59!
  • Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila ke-59 Tahun 2024! Pancasila merajut keragaman menjadi suatu kesatuan yang indah.
  • Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa. Mari kita menjaga kesaktiannya untuk Indonesia yang damai dan sejahtera. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Drama Korea Terbaru Tayang Oktober 2024, Ada Jeongnyeon: The Star Is Born

BERIKUTNYA

Daftar Negara yang Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 2025, Ada 2 dari Asean

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: