Ilustrasi bermain sambil belajar antara orang tua dan anak (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

3 Pola Asuh yang Membentuk Anak Mandiri, Jujur, dan Percaya Diri

26 September 2022   |   17:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah, terlebih di era yang semakin modern dan kompleks. Namun demikian, keteladanan atau contoh baik yang diberikan orang tua lah yang dapat menjadi bekal dan panutan ideal untuk membangun karakter anak sejak dini.

Tentu setiap orang tua menginginkan anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, sopan, hingga bertanggung jawab. Seperti yang dilakukan selebgram Almiranti Fira dalam mendidik dan membesarkan anaknya, Aozora Madeena Arkanara.

Baca juga: 3 Pola Asuh yang Membentuk Anak Mandiri, Jujur, dan Percaya Diri

Buat referensi para ibu baru, berikut pola asuh yang dilakukan Almiranti Fira terhadap sang buah hati agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai anak yang mandiri, jujur, percaya diri, serta menginspirasi.
 

1. Bertanggung Jawab terhadap Hal-hal Kecil

Tidak selamanya kebutuhan si kecil akan dipenuhi oleh orang tua. Sebelum beranjak dewasa, anak harus dibiasakan dapat memenuhi kebutuhan dan memastikan kelancaran kegiatan mereka sehari-hari. Caranya dengan memberikan tanggung jawab terhadap hal-hal yang kecil. 

Ayah dan bunda dapat memberikan tugas-tugas sederhana yang bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari yang sering mereka lakukan. Sebagai contoh merapikan mainan setelah bermain, memilih pakaian yang ingin dipakai, maupun membersihkan kamar sendiri.

Kata Almira untuk mengajarkan kebiasaan tersebut, orang tua harus memberi contoh karena anak cenderung menirukan apa yang dilakukan oleh orang tua dan orang di sekitarnya. "Kita sebagai orang tua juga harus memperlihatkan perilaku yang rapi dan bertanggung jawab, sehingga Si Kecil akan mempelajarinya," ujarnya dalam diskusi yang dikutip Hypeabis.id, Senin (26/9/2022).
 

2. Reward and punishment

Sejakkecil berikan pemahaman kepada anak bahwa setiap perbuatan yang dia lakukan memiliki konsekuensi. Jangan takut untuk menegur atau memberikan sanksi kepada anak bila dia melakukan tindakan yang menyimpang. 

Arahkanlah dengan bahasa yang sopan, tutur kata yang lembut, dan hindari pemilihan kata yang terkesan seperti  ancaman. Dengan memberikan kasih sayang termasuk pujian atau penghargaan jika anak melakukan perbuatan yang baik, tentu dapat menanamkan memori yang indah pada anak. 

Sesekali memberikan hadiah ketika mendapat nilai bagus di sekolah, bisa menjadi salah satu momen spesial yang menambah kedekatan orang tua dengan anak. "Memberikan penghargaan tidak harus dilakukan setiap saat, kok," imbuhnya.
 

3. Luangkan Waktu Bersama 

Salah satu kegiatan yang bisa menambah kedekatan dan keakraban dengan sang buah hati tentunya dengan menghabiskan waktu bersama. Ayah dan bunda juga bisa semakin memahami anak dan mengetahui tahap perkembangannya. 

Aktivitas bermain dapat membantu mengoptimalkan dan merangsang perkembangan anak. Carilah kegiatan dan permainan yang dapat membantu mereka belajar dan mengasah otaknya, seperti menyusun balok, flash card, role play dengan boneka, buku mewarnai, dan puzzle

Almira mengatakan mengajak anak membaca buku bersama juga bisa meningkatkan imajinasinya, lho. "Selain itu jangan lupa juga untuk mengajak anak bermain di luar rumah, seperti ke taman atau tempat baru supaya dia bisa mendapatkan banyak pengalaman menyenangkan," tuturnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Tempat Paling Berbahaya di Dunia, Terlarang & Misterius

BERIKUTNYA

Resep Salad Sayur Hokben yang Tasty ala Chef Devina, Dijamin Anak Suka!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: