Perlindungan Alamat Email DuckDuckGo (sumber gambar: Tangkapan Youtube)

Perlindungan Alamat Email DuckDuckGo vs Firefox Relay, Bagusan Mana?

22 September 2022   |   14:20 WIB

Memiliki akun email atau surat elektronik (surel) berisiko untuk mendapatkan surat yang mengandung malware, phising atau penipuan lewat surel. Hal ini membutuhkan perlindungan ekstra bagi akun alamat email atau layanan forwarding, di antaranya dari DuckDuckGo dan Firefox Relay.

Pernahkah Genhype berlangganan newsletter atau membuat akun layanan daring yang mensyaratkan alamat surel?  Kalian mungkin akan dikirimkan surel yang berisi pelacak (tracker).

Pelacak ini biasanya bertujuan untuk memeriksa apakah surel yang dikirimkan sudah dibuka oleh penerimanya. Pelacak bisa berupa gambar atau skrip pada surel berformat HTML. Meskipun kebanyakan pelacak ini tidak bermasalah, kalian mungkin tidak ingin mengambil risiko.

Genhype mungkin juga enggan memberikan alamat surel asli yang sebenarnya biasa digunakan untuk layanan atau orang yang belum tentu dipercayai. Selalu ada risiko bahwa basis data layanan tersebut dibobol peretas, dan alamat surel menjadi sasaran penjahat siber.

Salah satu cara buat menjaga privasi surel adalah dengan menggunakan layanan perlindungan alamat surel, atau layanan penerus (forwarding) surel.  Layanan perlindungan ini  akan menciptakan alamat alias, yang pada gilirannya kemudian bisa digunakan untuk layanan daring yang meminta alamat surel sebagai identitas.

Semua surel yang dikirim ke alamat alias ini akan diteruskan ke alamat asli, sehingga kita tetap bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Ada berbagai layanan pelindung/penerus surel yang tersedia saat ini. Kita akan melihat lebih jauh layanan yang disediakan oleh DuckDuck Go, dan membandingkannya dengan layanan lain yaitu Firefox Relay. Kita akan memfokuskan penggunaannya di desktop, meskipun layanan ini juga bisa dikonfigurasi dari ponsel.
 

DuckDuckGo

Untuk mulai memanfaatkan layanan DuckDuckGo, Anda harus memasang ekstensi perambannya terlebih dahulu (tersedia untuk Chrome dan Firefox).
 

DuckDuckGo/Tangkapan layar

DuckDuckGo/Tangkapan layar


Harus diingat bahwa ekstensi DuckDuck Go ini tidak hanya berfungsi untuk mendaftar ke layanan perlindungan surel, tetapi juga memberikan fitur tambahan lain seperti pemblokiran pelacak di peramban, dan mengganti mesin pencari Anda ke DuckDuckGo. Anda dapat mengatur lebih lanjut fitur-fitur tambahan ini di setelan ekstensinya.

Setelah memasang ekstensi peramban, Anda bisa melakukan pengaturan layanan surel di tautan https://duckduckgo.com/email/. Anda akan diminta untuk memilih alamat alias yang diinginkan, dengan domain duck.com (misalnya, [email protected]).

Bila alamat tersebut tersedia, langkah selanjutnya adalah memilih alamat surel (asli) yang akan menjadi sasaran penerusan surel (misalnya [email protected]). Selanjutnya, setiap surel yang dikirim ke alamat duck.com akan diteruskan ke alamat asli tersebut.

DuckDuckGo mendukung penciptaan alamat surel baru secara acak (private email address generator). Dengan cara ini, kita bisa menciptakan alamat berbeda setiap mendaftar ke layanan daring baru. Surel yang dikirim ke alamat yang diciptakan secara acak ini bisa dibaca seperti biasa di alamat asli, dan bisa dibalas bila perlu (tanpa mengungkapkan alamat aslinya).

Bila tidak lagi ingin menggunakan layanan tersebut, selain bisa menghapus akunnya, kailan juga bisa menghapus alamat surel acak tersebut dari DuckDuckGo.

Fitur penting yang diaktifkan secara default oleh DuckDuckGo adalah perlindungan dari pelacak yang tertanam di surel. Pelacak tersebut akan dihapus terlebih dahulu sebelum diteruskan. Harus diingat, bahwa penghapusan terhadap pelacak ini bisa membuat tampilan surel Anda rusak atau malah tidak terbaca.


Firefox Relay

 

Firefox Relay

Firefox Relay

Menarik buat membandingkan perlindungan surel dari DuckDuckGo dengan Firefox Relay dari Mozilla. Seperti juga DuckDuckGo, Firefox Relay memanfaatkan ekstensi peramban untuk dapat digunakan dengan optimal. Namun Firefox Relay mensyaratkan kita membuat akun Firefox (accounts.firefox.com).

Firefox Relay juga membatasi alamat alias yang bisa digunakan sampai maksimum 5 alias. Selain itu, meskipun Firefox Relay juga mendukung perlindungan terhadap skrip pelacak, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu dan tidak tersedia secara default.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Diangkat dari Novel Legendaris, Simak Fakta Menarik Film Balada Si Roy

BERIKUTNYA

Mengenal 3 Metode Intermittent Fasting, Diet yang Boleh Makan Apa Saja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: