Diskusi virtual identitas digital Vida x ICSF (tangkapan layar)

Pentingnya Identitas Digital Untuk Perlindungan Data Pribadi

04 September 2021   |   06:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perkembangan teknologi yang pesat dan kondisi yang ada menuntut dunia bertransformasi ke ranah digital lebih cepat. Hal ini menciptakan urgensi bagi masyarakat untuk membangun kepercayaan dalam interaksi dan aktivitas digital yang dilakukan.

Kepercayaan merupakan pilar penting dalam penggunaan teknologi sehingga masyarakat bisa merasa aman saat melakukan transaksi digital. Salah satu bentuk manifestasi atas kepercayaan tersebut ialah identitas di dunia virtual.

CEO PT Indonesia Digital Identity (Vida) Satu Rasuanto mengatakan bahwa sangat penting untuk membangun kepercayaan terhadap ekosistem digital (digital trust) guna membantu keberlangsungan penggunaan teknologi.

Oleh karenanya, perusahaan berkomitmen terlibat dalam proses akselerasi dunia digital, termasuk meningkatkan perlindugan data pribadi dan keamanan siber lewat solusi teknologi terpercaya.

"Vida sebagai digital trust provider memberi solusi untuk menjawab tantangan keamanan siber pada masa sekarang. Termasuk manajemen akses, verifikasi, dan otentifikasi identitas, serta tanda tangan elektronik tersertifikasi," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (3/9).

Direktur Cyber Security BDO Indonesia dan Co-founder Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Novel Ariyadi, mengatakan sertifikat elektronik menjadi dasar identitas digital yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, dia menuturkan bahwa identitas digital adalah sebuah hal yang harus dilindungi sebaik mungkin karena hal tersebut layaknya kunci rumah, yang berperan vital menjaga keutuhan barang (informasi) di dalamnya.

Selain itu, dia juga menuturkan bahwa maraknya akses ilegal di ruang siber terjadi karena adanya pencurian identitas dalam proses awalnya.

Hal ini tak bisa dipungkiri terjadi karena memang peningkatan penggunaan perangkat digital dan akses internet berkorelasi dengan peningkatan risiko yang membayanginya.

"Oleh karena itu, harus ada acuan untuk mengetahui bahwa aktivitas digital tertentu yang dilakukan itu benar-benar dilakukan oleh seseorang. Itu lah pentingnya sertifikat elektronik dan tanda tanda elektronik sebagai identitas kita," ujarnya.

Dia berharap ke depannya inovasi dan teknologi yang ditawarkan oleh para penyelenggara sertifikat elektronik di Indonesia, termasuk seperti Vida, dapat mendukung transformasi digital dari sisi kemanan privasi dan data.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Coach Perkenalkan Kembali Rogue Bag yang Populer pada 2016

BERIKUTNYA

Gitaris Band Metal Burgerkill Eben Meninggal Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: