Ilustrasi perpustakaan (Sumber gambar: Unsplash/ Alfons Morales)

5 Rekomendasi Buku dan Novel Filsafat untuk Pemula

14 September 2022   |   17:53 WIB

Like
Bagi Genhype yang sedang duduk di bangku kuliah tentu sudah tidak asing lagi dengan filsafat. Pelajaran ini memang menjadi salah satu mata kuliah wajib di setiap kampus untuk memahami kalau sesuatu hal tidak selalu tampak seperti adanya.

Terlebih di setiap jurusan yang diambil, bidang tersebut masing-masing memiliki dasar filsafatnya sendiri, seperti filsafat bahasa, filsafat hukum, dan lain-lain yang nantinya dijadikan acuan untuk mempelajari mata kuliah yang bersangkutan.

Filsafat sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai pengetahuan untuk mempertanyakan ulang hakikat segala sesuatu,  baik dari sebab, asal dan hukumnya dengan menggunakan akal budi agar membuat kita lebih kritis.

Baca juga5 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Kamu yang Hobi Membaca

Nah, bagi kalian yang  baru saja mempelajari filsafat, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber 5 rekomendasi buku tersebut sebagai bacaan yang cocok untuk pemula. Simak ya.
 

1. Dunia Sophie

Di kalangan mahasiswa yang ingin mempelajari filsafat, buku karya Jostein Gaarder ini memang sangat populer karena cara penyampaiannya yang mudah dipahami dengan menggunakan karakter remaja yang memiliki rasa ingin tahu tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya.

Buku dengan total 518 halaman ini telah diterjemahkan lebih dari 53 bahasa di dunia dan mengisahkan gadis remaja bernama Sophie. Dia tidak sengaja bertemu dengan sosok misterius bernama Alberto Knox yang banyak memberinya pelajaran filsafat melalui aktivitas dan kehidupan sehari-hari Sophie.
 

2. Philosophy 101

Buku karay Paul Kleinman ini sebenarnya memiliki judul yang panjang, yakni, Filsafat 101: Dari Plato dan Socrates hingga Etika dan Metafisika, Primer Penting dalam Sejarah Pemikiran, tapi meski judulnya rumit, buku ini sangat mudah dipahami kok Genhype.

Berbeda dengan buku-buku filsafat yang umumnya membahas mengenai hal-hal yang serius, dalam buku dengan total 384 halaman ini, Paul mengemas kajian filsafat secara ringkas dan dapat dengan mudah dipahami oleh kalian.

Buku ini juga bisa disebut sebagai pengantar ilmu filsafat  karena akan memberikan gambaran  perkembangan sejarah filsafat dari masa ke masa, sehingga menambah pemahaman kita secara lebih baik.
 

3. Filosofi Teras

 

Filosofi Teras (Sumber gambar: Goodreads)

Filosofi Teras (Sumber gambar: Goodreads)


Buku Karya penulis asal Bandung, Jawa Barat ini membahas  mengenai ajaran stoik yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno.  Lewat buku dengan total 346 halaman ini kalian akan diajak untuk menggunakan emosi negatif dalam menghadapi tantangan hidup.

Sekedar informasi, stoik (stoa)  merupakan ajaran filsafat yang secara sederhana mengatakan bahwa manusia harus berpegang teguh dan selaras denan alam  seta menggunakan nalarnya dalam melakukan segala aktivitas.

Lewat buku ini Genhype akan diajak menyelami filosofi stoik dengan analogi kejadian yang dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sangat mudah dimengerti dan sangat menarik untuk dijadikan bacaan dalam mengenal filsafat.
 

4. Candide

Buku ini merupakan novel filsafat karya filsuf asal Perancis, Voltair,  yang pertama kali terbit pada 1759, di Jenewa, Swiss  dengan judul asli Candide Ou L’Optimism. Novel ini  mengisahkan tentang  sosok pemuda bernama Candide yang bertualang keliling dunia untuk menyelamatkan kekasihnya Cunegonde.

Lewat kisah petualangannya yang kadang absurd, Genhype juga akan diajak ikut menyelami pemikiran filsafat penulis serba bisa ini dengan diramu kejadian-kejadian sejarah di dunia yang pastinya menambah wawasan kalian.

Buku ini juga bisa menjadi alternatif jika ingin mempelajari filsafat dengan lebih santai karena dibalut dengan karya fiksi dan dongeng sehingga selain ringan juga menyenangkan.
 

5.  Orang Asing/ L'Étranger 

 

Orang Asing dari Albert Camus (Sumber gambar: Goodreads)

Orang Asing dari Albert Camus (Sumber gambar: Goodreads)


Novel karya pemenang Nobel Sastra tahun 1957, Albert Camus ini juga bisa dijadikan bacaan alternatif untuk lebih mengenal filsafat melalui karya fiksi, karena merupakan salah satu novel filsafat terbaiknya yang pernah dibuat meski dia bukan filsuf.

Buku ini berkisah tentang sosok Mersault yang hidupnya terkesan monoton dan mendengar kabar kematian ibunya namun tak sadar dengan apa yang terjadi hingga dia terdampar pada kondisi yang absurd.

Mengusung paradigma absurdisme dalam novel dangan total halaman 124 lembar ini, Genhype juga akan dapat menyelami pemikiran-pemikiran Camus mengenai filsafat, sastra, dan sejarah yang sebenarnya  merupakan kajian yang berkaitan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Bunda, Yuk Lebih Aktif dan Berdaya Bersama Ibu Penggerak

BERIKUTNYA

Film The School for Good and Evil, Ketika Sihir Bisa Seimbangkan Baik & Jahat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: