Michelin Guide menyimpan indeks restoran dan hotel terbaik di dunia. (Sumber gambar: Michelin Guide)

Sejarah Michelin Guide: Keterikatan Ban dengan Restoran Terbaik Dunia

13 September 2022   |   12:23 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bisnis Ban Berawal dari Pengendara Sepeda


Dilansir dari laman Micelin, Michelin bersaudara menemukan ban dari bahan dasar karet berawal dari pengendara sepeda yang masuk ke halaman pabrik. Sepeda itu dilengkapi dengan perban yang direkatkan, sebuah cara yang menarik. Namun, membosankan untuk diperbaiki.

Edouard yang tertarik dengan kondisi itu pada akhirnya berhasil menciptakan ban yang bisa dilepas untuk mengatasi proses berjam-jam merekatkan dan mengeringkan perban. Dengan ban itu, seseorang hanya butuh seperempat jam untuk memperbaiki ban yang tertusuk.

André dan Edouard Michelin tertarik pada mobil sebagai bagian dari antisipasi perkembangan pesat yang terjadi pada saat itu. Ban pertama yang mereka rancang dipasang pada mobil bernama Eclair yang mengambil bagian dalam balapan Paris-Bordeaux-Paris.

 

Michelin Guide. (Sumber gambar: Michelin Guide)

Michelin Guide. (Sumber gambar: Michelin Guide)


Kendaraan Eclair tidak menang, tetapi mampu mencatatkan sejarah dengan menjadi mobil pertama yang mampu berlari dengan ban tersebut. Prestasi ini memungkinkan Michelin bersaudara untuk menunjukkan kepada seluruh dunia manfaat ban dan khususnya keandalan, ketahanan, keamanan, dan kenyamanannya.

Tidak hanya itu, Michelin bersaudara juga memulai petualangan baru mereka dengan memasang ban pada kendaraan listrik yang dikendarai oleh Camille Jenatzy untuk mencetak sebuah rekor kecepatan.  

Keduanya membuat ban dengan diameter kecil dan tapak yang diperbesar. Kondisi itu membuat kendaraan lebih stabil. Berkat andil dari ban tersebut, Jamais Contente menjadi kendaraan pertama di dunia yang mampu menjadi kendaraan dengan kecepatan yang memecahkan rekor.

Michelin bersaudara membangun jaringan penjualan di seluruh dunia sejak awal abad ke-20 sebelum membuat anak perusahaan asing pertama. Jaringan penjualan yang paling terkenal adalah London dengan bangunan komersial yang menunjukkan singularitas dan inovasi periklanan.

Mereka juga melakukan ekspansi keluar dari Prancis, yakni ke Italia pada 1906 dan Amerika Serikat pada 1907.

Sementara pada saat perang, Michelin bersaudara mengubah pabrik mereka untuk memproduksi pesawat terbang. Antara 1915 dan 1918, Michelin memproduksi hampir 2.000 pesawat Breguet, dan agar dapat lepas landas dalam segala cuaca, pabrik juga membangun jalur beton pertama di dunia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Noah Luncurkan NFT dalam Konser Satu Dekade, Simak Keuntungan & Cara Membelinya

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Yeonjun TXT, Jadi Murid Populer hingga Member Pertama yang Debut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: