John McAfee (Dok. Situs resmi McAfee)

Tragis, Pendiri Antivirus McAfee Meninggal Bunuh Diri di Penjara Spanyol

24 June 2021   |   20:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pengusaha perangkat lunak antivirus, John McAfee, ditemukan meninggal di sel penjara Barcelona beberapa jam setelah pengadilan Spanyol setuju untuk memulangkan dirinya ke penjara Amerika Serikat dalam tuduhan kasus penggelapan pajak.

Melansir dari BBC, Departemen Kehakiman Catalan mengatakan petugas medis telah mencoba menyadarkan pria berusia 75 tahun tersebut tetapi tidak berhasil. Petugas medis juga mengatakan bahwa kondisi McAfee menunjukkan bahwa dia melakukan bunuh diri.

McAfee ditangkap di Spanyol pada Oktober tahun lalu setelah didakwa di Amerika Serikat karena penggelapan pajak beberapa bulan sebelumnya.

Dia diduga gagal mengajukan pajak selama 4 tahun meskipun menghasilkan jutaan pendapatan antara 2014 dan 2018 dari mempromosikan cryptocurrency, pekerjaan konsultasi, seminar, dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter. Meskipun begitu, jumlah hutangnya tidak disebutkan dalam surat dakwaan.

Selain itu, pendiri perusahaan perangkat lunak antivirus eponymous itu juga didakwa pada bulan Maret atas tuduhan penipuan dan pencucian uang.

Departemen Kehakiman AS menuduh bahwa dia dan mitra bisnisnya berpartisipasi dalam skema yang menghasilkan lebih dari US$ 13 juta dengan mempromosikan cryptocurrency secara palsu kepada investor.

Laki-laki dengan nama lengkap John David McAfee lahir di Gloucestershire, Inggris, 18 September 1945 adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Inggris-Amerika yang mendirikan perusahaan perangkat lunak McAfee Associates pada 1987 sampai 1994 ketika dia mundur dari perusahaan tersebut.

Dia meraih kesuksesan awal sebagai pembuat perangkat lunak antivirus komersial pertama McAfee, dan usaha tersebut kini memproduksi serangkaian perangkat lunak keamanan wirausaha.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Mengejutkan, Ini 7 Pengakuan Britney Spears Hidup 13 Tahun dalam Tekanan

BERIKUTNYA

Ingin Atasi Kenaikan Berat Badan saat Hamil? Ikuti 5 Tips Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: