Ilustrasi mahasiswa (Sumber gambar: Javier Trueba/Unsplash)

Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Ini 3 Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

08 September 2022   |   11:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Seleksi Mandiri oleh PTN
Pada jalur ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri.

Sebelum pelaksanaan seleksi secara mandiri, PTN wajib mengumumkan beberapa hal, antara lain jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing program studi/fakultas, metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri atas tes secara mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes, dan/atau metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan, serta besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi.

Adapun sesudah pelaksanaan seleksi secara mandiri, PTN diwajibkan mengumumkan beberapa hal, antara lain jumlah peserta seleksi yang lulus seleksi dan sisa kuota yang belum terisi, masa sanggah selama lima hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi, dan tata cara penyanggahan hasil seleksi.

Lebih Transparan dan Terukur
Nadiem juga mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam proses pengawasan, sehingga seleksi secara mandiri dapat terlaksana secara transparan dan akuntabel. Menurutnya, seleksi mandiri oleh PTN harus berdasarkan seleksi akademis dan dilarang dikaitkan dengan tujuan komersial. Dengan mekanisme baru ini, masyarakat pun dapat berperan aktif dalam mengawasi proses seleksi secara mandiri di PTN.

Apabila terdapat bukti permulaan atas pelanggaran peraturan dalam proses seleksi, calon mahasiswa atau masyarakat dapat mengajukan laporan melalui laman https://wbs.kemdikbud.go.id atau https://kemdikbud.lapor.go.id.

Melalui transformasi seleksi masuk PTN yang lebih adil, Nadiem berharap hal itu akan mendorong perbaikan iklim pembelajaran di pendidikan menengah sehingga menghasilkan calon mahasiswa yang semakin kompeten. “Bangsa yang maju selalu dapat memberi kesempatan kepada orang yang memiliki bakat dan bekerja keras,” ujarnya.

Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Sensasi Sigap & Aman Berkendara ala Hyundai Stargazer Prime saat Driving Day

BERIKUTNYA

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Juga Dirilis, Ada Fitur Dynamic Island dan Chip A16 Bionic

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: