Ilustrasi memilih pakaian yang tepat. (Sumber gambar : Freepik)

3 Kiat Sederhana Memilih Pakaian Agar Tampil Maksimal

30 August 2022   |   23:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tampil maksimal ketika bekerja, hangout, atau menghadiri acara resmi jadi rutinitas bagi banyak orang, terutama kaum perempuan. Namun, tidak sedikit dari mereka yang kebingungan memilih jenis dan warna pakaian yang ingin dipakai. Alhasil, tak jarang kita jadi memilih warna-warna dasar seperti putih dan hitam agar tidak pusing memilih outfit.

Warna pakaian memang sangat berpengaruh pada tampilan. Colour Image Consultant Oya Miranti, meregangkan warna busana yang dipilih pun mencerminkan kepribadian pemakainya. “Warna yang tepat sangat penting agar dapat meningkatkan rasa percaya diri serta membuat personal branding kita terlihat lebih stand out,” ujarnya dalam bincang Shopee, dikutip Hypeabis.id, Selasa (30/8/022). 

Memahami warna yang empat untuk diri sendiri alias personal colour menurut Oya memiliki banyak manfaat. Diantaranya tampak lebih awet muda, memberikan aura yang sehat, serta membuat kita lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Baca juga: Intip Kombinasi Outfit Berdasarkan 12 Zodiak, Kalian yang Mana?

Penyanyi dan fashion influencer Alika Islamadina menuturkan dalam berekspresi melalui fashion, dia selalu mencari inspirasi dan ide dari lingkungan sekitar, baik dari public figure lain atau teman-temannya. “Mix and match pakaian adalah hal yang menyenangkan dan bisa meningkatkan mood juga loh,” sebutnya.

Ditambah padu padan warna dan model yang cocok di tubuh, Alika semakin percaya diri ketika menggunakannya dan merasa lebih happy menjalani aktivitas seharian dengan outfit tersebut.

Nah, buat kamu yang masih bingung memilih pakaian agar tampil maksimal, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba. 


1. Cari tahu warna undertone kamu

Pertama-tama, penting untuk memahami undertone sebagai dasar mencari warna pakaian yang tepat. Undertone adalah rona warna yang terletak di bawah permukaan kulit. Perlu diperhatikan bahwa undertone berbeda dengan warna kulit. Adapun skin tone atau warna kulit adalah rona yang terlihat pada permukaan kulit. 

Ada dua jenis undertone yang memiliki ciri masing-masing. Pertama warm undertone, di mana biasanya orang yang tergolong dalam spektrum warna hangat ini memiliki warna kulit yang dipengaruhi oleh warna pink, merah, serta kebiruan. Kedua adalah cool undertone, biasanya untuk orang yang tergolong memiliki warna kulit dengan pengaruh rona kuning, peachy, ataupun keemasan.


2. Tentukan warna busana yang cocok

Untuk menentukan spektrum warna yang cocok dengan undertone, kalian bisa menggunakan kipas warna. Caranya, dekatkan kipas warna tersebut ke kulit untuk melihat apakah warna tersebut matching atau justru kontras dan memberikan efek pucat. Perhatikan bagaimana rona wajah berubah ketika berkaca di depan cermin. Kalian juga bisa menggunakan sejumlah kain dengan warna-warna dasar yang mewakili tiap spektrum.


3. Cek inspirasi dari media sosial

Dalam eksplorasi gaya dan warna berbusana, kamu membutuhkan inspirasi agar punya ide baru untuk mix & match. Kamu bisa tentukan muse yang bisa menjadi inspirasimu dalam hal fesyen. Saat ini banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk mencari dan berbagi inspirasi.

Saat ini ada banyak fashion blogger atau pegiat mode lainnya yang tidak hanya memberikan inspirasi gaya untuk memadu-padankan outfit, tapi juga memberikan edukasi terkait fesyen kepada pada pengikutnya.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Segera Tayang, Intip 5 Fakta Menarik The Lord of the Rings: The Rings of Power

BERIKUTNYA

Kiat Praktis Memotret dengan Kamera Ponsel 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: