Seniman asal Yogyakarta Uji Handoko Eko Saputro alias Hahan (Sumber gambar : Timex)

Karya Seniman Jogja Hahan Ada di Jam Tangan, Segini Harganya

27 August 2022   |   10:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Karya seni  bisa diadaptasi dalam berbagai media, salah satunya jam tangan. Terbaru, seniman Indonesia, Uji Handoko Eko Saputro alias Hahan menuangkan karya seninya dalam koleksi jenama jam tangan kenamaan, Timex. Peluncuran ini bertepatan dengan partisipasi Hahan di Art Jakarta 2022.

Mengusung tema Silent Operation, jam tangan tersebut mengadopsi karya Hahan, Silent Operation: Sign study based on the formula of contemporary (visual) art 2018–2019. Koleksi Silent Operation saat ini menjadi bagian dari koleksi permanen Galeri Nasional Canberra, Australia.

Silent Operation merupakan proyek ambisius Hahan bersama Adi Kusuma alias Umma Gumma.  Konsep pada koleksi ini menawarkan sentuhan kontemporer dengan instalasi lampu neon di bagian dalam dan aplikasi permainan interaktif pada bagian luar. 

Silent Operation menggambarkan hubungan tiada akhir dan rumit antara visi, komitmen hingga kepercayaan diri untuk menggapai kesuksesan di dunia seni. Karya seni silent operations tertanam pada bagian dial Timex yang semakin menambah kharisma di pergelangan tangan.  
 

Jam tangan kolaborasi Timex dan Hahan. (Sumber gambar : Timex)

Jam tangan kolaborasi Timex dan Hahan. (Sumber gambar : Timex)

Hahan, seniman asal Yogyakarta ini mengatakan ingin menyebarluaskan akses dan gagasan pada karya-karyanya, sehingga tidak hanya eksklusif berada di ruang galeri, art fair maupun museum saja. "Bagi saya barang keseharian seperti jam tangan juga penting untuk menyebarkan gagasan," ujarnya dikutip dalam siaran pers, Sabtu (27/8/2022).

Brand Executive Timex Indonesia Arista Surwiyanta menuturkan kolaborasi bareng Hahan mengandung makna spesial bagi pihaknya untuk menyebarluaskan makna seni kepada publik melalui medium yang berbeda dan dekat dengan keseharian. 

"Karya Hahan ini menunjukkan bahwa waktu memegang peranan penting dalam mewujudkan sebuah kesuksesan, menjadikan Silent Operation bagian yang sempurna untuk kolaborasi ini bersama Timex,” tuturnya.

Jam Tangan Timex X Hahan memiliki lebar case 40 mm dengan bahan alumunium, berwarna warna hitam. Ditunjang dengan lensa akrilik, dengan penggerak quartz analog, serta ketahanan air hingga 30 meter. Ditambah lagi, fitur jam tangan ini mengandalkan INDIGLO yang membuat jam tetap menyala di kondisi gelap.

Jam tangan ini ditawarkan dengan harga Rp2.299.000, dan tersedia secara offline di Official Store Timex serta beberapa platform dagang elektronik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Healing di Alam Terbuka Yuk! Begini Caranya

BERIKUTNYA

UOB Indonesia Pamerkan Koleksi Karya Seniman Asia Tenggara di Art Jakarta 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: