Ilustrasi Instagram (dok: Unsplash/Solen Feyissa)

Instagram Music Resmi Hadir di Indonesia, Bagaimana Cara Pakainya?

24 June 2021   |   15:15 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pengguna Instagram di Indonesia akhirnya bisa tersenyum lebar. Karena akhirnya fitur Instagram Music resmi dirilis untuk pengguna Instagram di Tanah Air pada Rabu (23/6/2021). Fitur ini memungkinkan pengguna menunggah video dengan tambahan potongan lagu.

Instagram Music meluncur di Indonesia 2 tahun berselang setelah peluncurannya di sejumlah negara. Fitur itu terlambat masuk lantaran mesti menanti izin atau lisensi penggunaan lagu untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Peter Lydian selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia mengatakan, Instagram Music memungkinkan pengguna menambahkan potongan lagu, baik dari musisi terkenal hingga indie, dalam video yang dibuatnya. Fitur Instagram Music bisa digunakan untuk Reels dan Stories dalam bentuk Sticker.

Sebagai catatan, Reels yang fiturnya mirip dengan TikTok juga hadir bersamaan dengan Instagram Music di Indonesia.

 
Tampilan Instagram Music (dok: Facebook Indonesia)


 




 


 
 

"Dengan fitur ini konten-konten yang dihadirkan diharapkan bisa lebih beragam dan kreatif. Pengguna bisa menambahkan musik dan lirik ke Reels mereka, atau menambahkan stiker Musik di Stories Instagram dan Facebook untuk menambahkan lagu soundtrack yang tepat pada setiap momen yang dibagikan," katanya.


Selain itu, menurut Peter pengguna Instagram juga bisa menambahkan lirik lagu ke dalam Stories mereka apabila diinginkan. Biar nggak bingung, simak dulu cara pakai fitur Instagram Music biar Stories kalian makin keren;
  • Buka aplikasi Instagram, dan ketuk 'Your Story' untuk membuat Stories.
  • Ambil foto atau rekam video sesuai keinginan kalian. Selanjutnya, masuk ke tab "Stiker" dan tekan ikon stiker "Music".
  • Pilih lagu yang ingin dimasukkan ke dalam story. Kalian bisa mencari lagu yang ingin dimasukkan di kolom pencarian di bagian atas.
  • Kalian juga bisa atur durasi lagi yang ingin ditampilkan dalam Stories berikut dengan liriknya.
  • Seperti Stories pada umumnya, kalian bisa menambahkan teks, emoji, GIF atau lainnya sebelum mengunggahnya.
Selamat mencoba guys!


Editor: Roni Yunianto
 
 

SEBELUMNYA

Ini Beberapa Tips Isolasi Mandiri di Rumah yang Aman

BERIKUTNYA

Museum Seni Kontemporer Busan Gelar Pameran Ramah Lingkungan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: