Clogged pores atau pori-pori tersumbat adalah permasalahan yang kerap terjadi pada kulit (Sumber gambar: Shiny Diamond/Pexels)

6 Cara Mengatasi Clogged Pores, Kulit Bebas Pori Tersumbat!

23 August 2022   |   18:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Clogged pores atau pori-pori tersumbat adalah permasalahan yang kerap terjadi pada kulit. Pori-pori merupakan lubang kecil di kulit yang memungkinkan minyak mencapai permukaan kulit. Namun, terkadang, pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel mati yang kian bertambah setiap harinya pada kulit.

Melansir dari Medical News Today, kelenjar pada wajah umumnya menghasilkan zat yang disebut sebum, minyak alami yang melapisi kulit untuk mengunci kelembaban. Fungsi pori-pori adalah untuk membawa minyak itu ke permukaan kulit, sehingga dapat melindungi dan melembabkan kulit.

Namun, terkadang sebum, sel kulit mati, dan zat lain terperangkap di dalam pori-pori, sehingga pori-pori akan terlihat lebih besar dari biasanya atau terasa bergelombang. Jika kondisinya terjadi peradangan, pori-pori yang tersumbat itu dapat menyebabkan jerawat.

Baca jugaIni Pentingnya Meremajakan Kulit sejak Usia Produktif

Meskipun tidak menimbulkan risiko medis yang serius, pori-pori tersumbat dan jerawat  dapat menyebabkan hiperpigmentasi, dan tekanan emosional bagi sebagian orang.

Namun, jangan khawatir. Pasalnya, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat seperti rekomendasi American Academy of Dermatology berikut ini.
 

1. Gunakan Produk Noncomedogenic

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah menggunakan produk perawatan wajah noncomedogenic, yang berarti suatu produk tidak akan menyumbat pori-pori. Dalam menggunakan produk riasan, perawatan kulit, dan pelindung matahari, kalian bisa membaca pada bagian label produk keterangan nonkomedogenik atau bebas minyak.
 

2. Hindari Menyentuh Pori-pori

Tak sedikit orang biasanya merasa tergoda untuk menggaruk, mengorek, atau menggosok pori-pori dan jerawat yang tersumbat. Padahal, menurut American Academy of Dermatology, hal itu tidak akan menghilangkan masalah kulit. Bahkan, itu bisa memperburuknya dengan menyebabkan kerusakan pada kulit.
 

3. Gunakan Pembersih yang Lembut

Cara merawat kulit yang tidak menyebabkan iritasi untuk menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati adalah dengan menggunakan pembersih yang lembut dengan pH seimbang sebanyak dua kali sehari dengan air hangat.

Ini adalah ide yang baik untuk mencuci muka dengan lembut, karena menggosok kulit saat membersihkan muka dapat menyebabkan kemerahan dan memperparah kondisi pori-pori yang tersumbat.
 

Ilustrasi perawatan kulit wajah

Ilustrasi perawatan kulit wajah (Sumber gambar: Shiny Diamond/Pexels)


4. Gunakan Masker Wajah Berbahan Aktif Charcoal

Melansir dari facetofeet, bahan aktif pada charcoal dapat kalian manfaatkan untuk menghilangkan kotoran pada lapisan terdalam hingga permukaan kulit, sehingga mampu mengatasi masalah seperti clogged pores ataupun komedo.

Untuk menggunakan masker wajah yang satu ini, cukup gunakan dua kali dalam seminggu.

Baca juga5 Manfaat Charcoal Untuk Perawatan Kulit


5. Menggunakan Teknik Steam Wajah

Teknik ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan mencegah terjadinya penyumbatan. Caranya, kalian dapat siapkan wadah yang berisi air hangat, lalu tambahkan essentials oil lalu posisikan wajah tepat pada permukaan wadah tersebut agar uap naik ke permukaan wajah kalian. Lalu tunggu sekitar 5-10 menit.
 

6. Eksfoliasi

Kalian juga bisa mengatasi pori-pori yang tersumbat dengan rutin melakukan eksfoliasi. Teknik satu ini mampu membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah.

Gunakan produk yang mengandung exfoliant agent, seperti AHA, BHA atau PHA. Kalau kalian memiliki jenis kulit yang sensitif, cukup melakukan eksfoliasi selama seminggu sekali, untuk memastikan pori-pori wajah tidak tersumbat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
 

SEBELUMNYA

5 Fakta Kaizen, Budaya Kerja Produktif Ala Jepang

BERIKUTNYA

5 Cara Agar Terhindar dari Jeratan Hoaks di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: