Ilustrasi menggambarkan jenis kelamin yang diakui dunia yakni perempuan dan laki-laki. (Sumber gambar : Freepik)

Apa Itu Nonbiner? Ada 7 Jenis Identitasnya Lho

22 August 2022   |   08:41 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Persoalan gender di Indonesia kembali menjadi sorotan. Baru-baru ini, viral seorang mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar yang mengaku dirinya non binary atau nonbiner di depan seluruh warga kampus. Mahasiswa berinisial NA itu menegaskan dia bukan laki-laki maupun perempuan.
.
Sontak pernyataan tersebut membuatnya diusir salah satu dosen dengan menegaskan pihak universitas hanya mengenal status gender pria dan wanita. Di Indonesia, saat ini, memang hanya mengakui dua jenis gender berdasarkan kelaminnya, yakni laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Kontestan Transgender Ini Jadi Sejarah Baru Pemilihan Miss USA 2021

Mengutip Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), gender adalah pembedaan peran, atribut, sifat, sikap, dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Peran gender terbagi menjadi peran produktif, peran reproduksi serta peran sosial kemasyarakatan.

Kata gender dapat diartikan sebagai peran yang dibentuk oleh masyarakat serta perilaku yang tertanam lewat proses sosialisasi yang berhubungan dengan jenis kelamin perempuan dan laki-laki.

Lantas apa itu nonbiner?
National Center for Transgender Equality mendefinisikan orang yang mengkategorikan dirinya sebagai nonbiner adalah mereka yang tidak mengidentifikasi diri sebagai pria atau wanita.

Orang nonbiner tidak bingung tentang identitas gender mereka atau mengikuti mode baru. Identitas nonbiner faktanya telah diakui selama ribuan tahun oleh budaya dan masyarakat di seluruh dunia. 

Sementara itu, ternyata ada beberapa jenis identitas atau istilah nonbiner loh, Genhype. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Agender

Ini berarti mereka tidak memiliki identitas gender tertentu atau memiliki identitas gender yang netral atau tidak terdefinisi. Kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan genderless atau neutrois.
 

2. Bigender

Mereka mengartikan memiliki dua identitas gender yang berbeda, baik secara bersamaan maupun alternatif.
 

3. Gender fluid

Mereka merasa berada di antara dua atau lebih identitas gender.
 

4. Genderqueer

Istilah umum untuk individu dengan identitas gender non-biner. Beberapa orang mengidentifikasi dengan genderqueer sebagai identitas utama mereka. Istilah ini terkadang dapat ditafsirkan sebagai cercaan, jadi pastikan seseorang secara eksplisit mengidentifikasi sebagai genderqueer sebelum menetapkannya kepada mereka.
 

5. NB

Istilah umum yang mencakup semua identitas gender di luar biner gender. Individu dapat dan memang mengidentifikasi dengan nonbiner sebagai identitas spesifik mereka. 

Nonbiner juga disebut sebagai NB atau enby, meskipun kedua istilah ini dapat diperdebatkan, karena NB juga berarti non-hitam, beberapa cisgender itam dan orang non-biner merasa tidak nyaman dengannya sebagai istilah singkat untuk nonbiner. 

Kendati demikian, orang dewasa nonbiner juga tidak merasa nyaman dengan sebutan enby karena kedengarannya seperti kekanak-kanakan.
 

6. Two Spirit

Sebuah istilah yang dibuat oleh penduduk asli Amerika untuk menggambarkan berbagai jenis kelamin dengan peran sosial  atau seremonial tertentu. 
??????
Baca juga: Bahas Perawatan Rambut Pria, That Hair Guy Sebut Rambut Itu Genderless

Banyak suku memiliki identitas gender spesifik yang berada di luar biner, tetapi Two Spirit adalah istilah umum untuk semua penduduk asli Amerika yang terkadang diadopsi sebagai identitas spesifik, seperti nonbiner untuk pemukim dan imigran Amerika.
 

7. Androgini

Istilah androgini adalah kata sifat dan digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak secara khusus feminin atau maskulin. Mereka memiliki karakteristik atau sifat baik laki-laki dan perempuan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Fakta Penting tentang Kasus Monkeypox di Indonesia

BERIKUTNYA

6 Alasan Wajib Nonton Emergency Declaration, Film tentang Teror dalam Pesawat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: