Farel prayoga saat bernyanyi di peringatan HUT ke-77 RI (Sumber gambar: Youtube.com/Sekretariat Presiden)

4 Fakta Menarik Joko Tingkir Ngombe Dawet, Lagu yang Batal Dinyanyikan di Istana Merdeka

19 August 2022   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Farel Prayoga, penyanyi cilik yang masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar beberapa waktu terakhir tengah menjadi perbincangan jagat dunia maya. Pasalnya, bocah asal Banyuwangi itu berhasil membuat banyak jenderal hingga menteri bergojet asyik dengan lantunan lagu Ojo Dibandingke, dalam gelaran Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka. 

Suaranya menggema membuat seisi Istana Merdeka ikut menari dari tempat duduk hinggadepan podium. Tak selesai dengan satu lagu saja, kemerduan suara Farel membuat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memintanya menyanyikan lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet.

Namun, lagu yang diminta Presiden Jokowi itu tidak bisa dinyanyikan oleh Farel dalam peringatan kemerdekaan Indonesia tersebut. Lantas, mengapa lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet batal dinyanyikan? Berikut beberapa fakta menarik dari lagu tersebut : 

Baca Juga : Profil Lengkap Farel Prayoga, Musisi yang Bikin Menteri hingga Presiden Ikut Joget Meriah 
 

1. Lagu Penuh Kontroversi

Terlepas dari permintaan Presiden Jokowi, ternyata lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet sedang menjadi kontroversi di jagat media sosial. Meskipun memiliki lantunan nada yang asyik, lagu ini ditentang banyak netizen karena dianggap membawa nama Joko Tingkir yang sangat legendaris di Indonesia.
 

2. Ulama Besar Joko Tingkir

Menuai berbagai kontra, lagu yang menuliskan nama Joko Tingkir ini dianggap sebagian netizen telah mencoreng nama besar ulama yang berkuasa pada zamannya.

Diketahui jika Dia merupakan seorang pendiri Kerajaan Pajang yang merangkap sebagai ulama dan Adiwijaya. Joko Tingkir yang juga dikenal sebagai Sultan Adiwijaya nyatanya adalah raja atau sultan dari kerajaan Pajang pada tahun 1568-1582. 
 

3. Permohonan Maaf Pencipta Lagu 

Menjadi perbincangan netizen berkat lirik lagunya, akhirnya pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet muncul di media sosial. Melalui kanal Youtube Halu 008, pria yang tidak diketahui namanya itu mengaku meciptakan lagu tersebut dengan tidak memiliki niat untuk menjelekkan ulama besar.

Pria itu menyebut dirinya tidak mengetahui jika lirik lagu yang ditulisnya tersebut mencatut nama ulama besar Indonesia. “Izinkan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Lamongan dan pihak yang tersinggung atau kurang berkenan karena saya membuat lirik menggunakan nama Joko Tingkir,” katanya. 

Lebih lanjut, pria itu menyebut ketidakpahamannya mengenai nama Joko Tingkir yang dihormati oleh masyarakat khususnya wilayah Jawa merupakan kesalahannya, dan sekali lagi meminta maaf atas tindakannya.  “Tidak ada niatan saya melecehkan nama beliau,” imbuhnya. 
 

4. Ada Perubahan Lirik Lagu

Karena kian mengundang kontroversi, pria pencipta lagu tersebut mengaku telah merubah lirik lagu yang dibuatnya, dengan tidak menuliskan nama Joko Tingkir lagi. “Di channel ini, saya sudah mengubah liriknya, tidak menggunakan nama Joko Tingkir lagi,” katanya. 

Demikian sejumlah fakta menarik mengenai lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang ternyata menuai kontroversi, sampai-sampai tidak jadi dibawakan oleh penyenyi cilik viral Farel. Gimana nih tanggapan Genhype mengenai hal tersebut? 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

2 Tahun Absen Akibat Pandemi, Sanur Village Festival Kembali Digelar

BERIKUTNYA

Eison Cai Meninggal Dunia Usai Jatuh dari Gedung, Agensi Minta Netizen Hormati Privasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: