Risol Mayo (Sumber gambar: Handini Audita/Cookpad)

Yuk Cobain Resep Risol Mayo Margo, Jajanan yang Viral di TikTok

19 August 2022   |   09:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu sudah tidak asing dengan risol, panganan dari kulit lumpia yang dibalur tepung roti dengan berbagai macam isian. Di media sosial, warganet tengah ramai membicarakan Risol Mayo Margo yang makin viral dan diminati oleh banyak orang.

Risol Mayo Margo adalah jajanan risol yang dijual oleh keluarga konten kreator bernama Margo Stefy. Dia adalah seorang mahasiswa asal Ciledug, Tangerang Selatan. Lewat akun TikTok-nya (@hola.margo) yang memiliki 4 juta pengikut, Margo kerap membagikan konten rutinitas kesehariannya dalam membantu keluarganya berjualan risol.

Seperti namanya, Risol Mayo Margo adalah risol yang berisikan smoked beef, telur rebus, dan saus mayones, sama seperti risol mayo pada umumnya. Oleh Margo, risol dagangannya itu dijual seharga Rp4.000 per buah.

Baca juga: Intip Restoran Korea yang Bernuansa Kapal Antariksa Futuristik di Senopati

 
@kanigurii Untung aku masih kebagian risol mayo margo @hola.margo ???????? 4k seenak iniii definitely worth it? #risolmayo #jajananpasar ? Lihatlah Lebih Dekat - Jakarta Movin

Seiring waktu, risol dagangannya pun kian populer lantaran beberapa influencer TikTok kerap membagikan unggahan mereka, ketika mencoba jajan risol mayo yang disebut-sebut memiliki cita rasa lezat itu.

Tidak tanggung-tanggung, banyak orang dari berbagai daerah di luar Jabodetabek mengunjungi tempat Margo berjualan risol untuk bisa mencicipinya. Bahkan, karena risol tersebut cepat habis terjual, membuat banyak orang rela mengantre mulai pukul 4 pagi. Sangking tingginya peminat, kini penjualan risol dibatasi yakni hanya bisa membeli lima potong risol per orang.

Namun, bagi kalian yang penasaran ingin mencicipi Risol Mayo Margo tetapi tidak bisa membelinya langsung, kalian sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah. Pasalnya, Margo juga beberapa kali kerap membagikan bahan-bahan sekaligus cara membuat Risol Mayo bikinannya. Berikut adalah resep Risol Mayo Margo yang bisa kalian cicipi.


Resep Risol Mayo ala Margo


Bahan-bahan Kulit Lumpia:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 125 ml susu murni
  • 1 butir kuning telur, pisahkan bagian putihnya
  • 250 ml air
  • Minyak secukupnya


Bahan-bahan Isian Risol:

  • 5 butir telur rebus, potong kecil
  • 10 lembar smoked beef, potong kecil
  • 1/4 kotak keju cheddar, potong kecil


Bahan-bahan Saus Mayones:

  • 350 gram mayones 
  • 90 gram susu kental manis


Bahan-bahan Pelapis Risol:

  • 1 butir putih telur
  • Air secukupnya
  • Tepung panir secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
 
@hola.margo

bikin risol

? original sound - margo?
 

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan kulit risol. Masukkan kuning telur, air, minyak, garam, dan penyedap rasa, lalu aduk hingga semuanya tercampur merata.
  2. Masukkan tepung terigu secara perlahan sambil diaduk, hingga adonan mendapatkan tekstur yang pas, tidak terlalu kental ataupun encer.
  3. Siapkan teflon anti lengket lalu nyalakan kompor dengan api kecil. Ambil satu centong kecil adonan kulit risol hingga merata di seluruh permukaan teflon dan membentuk seperti bulatan. Pastikan kulit risol tidak terlalu tebal ataupun tipis. Jika sudah angkat lalu sisihkan.
  4. Sementara itu, siapkan smoked beef yang sudah dipotong kecil lalu panaskan sebentar di atas teflon agar matang. Siapkan juga isian yang lain seperti telur rebus dan keju yang sudah dipotong kecil, lalu sisihkan.
  5. Siapkan mangkuk untuk membuat saus mayones. Masukkan mayones dan susu kental manis lalu aduk hingga tercampur merata.
  6. Ambil satu lembar kulit lumpia, lalu tambahkan telur, smoked beef, keju, dan satu sendok saus mayones. Gulung semua isian risol mayo hingga rapat dan rapi. Lakukan seperti itu hingga semua adonan dan isian habis.
  7. Siapkan mangkuk lalu kocok putih telur dan air secukupnya. Celupkan risol yang sudah digulung ke dalam putih telur, lalu balur dengan tepung panir. Lakukan seperti itu ke semua risol.
  8. Panaskan minyak lalu goreng risol hingga kuning kecoklatan. Risol Mayo ala Margo pun siap dinikmati.

Baca jugaDari Korea Hingga Lokal, Intip Makanan Viral Sepanjang 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ada KKN di Desa Penari, Ini 5 Film & Serial Indonesia Pilihan di Disney+ Hotstar

BERIKUTNYA

Blackpink Padukan EDM dan Musik Tradisional Korea di Single Pink Venom

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: