Sendy Djaja, Research & Development Manager Djournal Coffee (kedua dari kiri); Rena Andriyani, Assistant Marketing Manager Djournal Coffee; dan Rifan Rahman, Direktur Utama Swara Gembira (kanan) dalam konferensi pers produk Nusa Rasa Oat Series, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2022). (Sumber gambar: ISMAYA Group)

Djournal Coffee X Swara Gembira Kenalkan 7 Variasi Minuman Nusa Rasa Bercita Rasa Lokal

18 August 2022   |   08:23 WIB

Like
Bagi Genhype yang menyukai kopi dan cokelat dengan sentuhan lokal, kali ini ada lini produk minuman terbaru yang bisa kalian coba. Digagas oleh Djournal Coffee bersama dengan komunitas Swara Gembira, kini mereka memperkenalkan Nusa Rasa Oat Series yang bercita rasa lokal.

Berbeda dengan berbagai kolaborasi sebelumnya, produk ini memiliki inspirasi dari keragaman wastra atau kain Indonesia dari beberapa daerah. Beberapa corak kain yang ditonjolkan adalah kain-kain berwarna ungu, cokelat, hijau, dan putih sebagai warna yang utama.

Tak hanya itu, minuman ini juga memiliki ciri khas pada penggunaan bahan-bahan lokal seperti biji kopi Toraja dan Mandailing, cokelat dari Sumba di Flores, hingga susu oat yang diproduksi secara lokal di Bandung. Hasilnya, tercipta tujuh varian rasa minuman berbasis kopi dan coklat dengan nama-nama lokal.

Baca jugaIntip Restoran Korea yang Bernuansa Kapal Antariksa Futuristik di Senopati
 

Katalog menu Nusa Rasa Oat Series dari Djournal Coffee dan Swara Gembira. (Sumber gambar: ISMAYA Group)

Katalog menu Nusa Rasa Oat Series dari Djournal Coffee dan Swara Gembira. (Sumber gambar: ISMAYA Group)


Pertama, ada Kayu Manis Oat Shaken yang terinspirasi dari kopi rempah khas Sumatera. Kopi ini mengombinasikan rasa-rasa rempah seperti kayu manis dengan rasa kopi dan susu oat. Lalu, ada juga Klepon Oat Macchiato yang memadukan kopi dengan tambahan kelapa kering, gula merah lokal, dan rasa pandan.

Sari Kaya Oat Latte merupakan kopi susu dengan tambahan perasa sari kaya yang identik dengan variasi manis dan harum. Sendy Djaja, Research and Development Manager Djournal Coffee, bercerita bahwa menu ini terinspirasi dari Kopi Sanger yang menggunakan kopi dan susu kental manis dalam racikannya.

Batavia Oat Espresso merupakan varian kopi klasik ala Djournal Coffee yang menambahkan gula aren dan gula kelapa sebagai pemanisnya, sehingga rasanya lebih creamy dengan rasa kopinya yang kuat. Ada juga Ubi Ungu Oat Latte yang mengombinasikan talas dengan kopi serta susu oat sehingga cita rasanya menjadi khas.

Kakao Oatmilk merupakan satu-satunya minuman non-kopi dalam lini produk Nusa Rasa, di mana minuman berbasis cokelat in menggunakan 70 persen coklat asal Sumba, Flores dan susu oat. Terakhir ada Pandan Batavia Oat Latte yang menggunakan sirup pandan produksi lokal dengan Gula Nusantara, sehingga memiliki kesan wangi pandan yang kuat.

Baca jugaIni 5 Strategi Bisnis Sukses dari Kopi Kenangan

Dalam proses pembuatannya, Sendy menjelaskan bahwa menu dengan susu oat yang sedang tren ini sudah dibuat sejak lama, bahkan sebelum masa pandemi. Menurutnya, menu-menu ini identik dengan cita rasa kopi yang kuat, tapi tetap seimbang dengan variasi perasa tambahan yang diberikan di dalamnya.

"Ramuan minuman ini banyak menggunakan kopi dengan takaran sekitar 30-40 ml, lalu varian rasa tambahan sebanyak 20 ml agar rasa kopi yang kuat tetap seimbang," tambahnya dalam konferensi pers di gerai Djournal House, Jakarta Selatan pada Selasa (16/8/2022).

Dia juga menyebut bahwa dengan estimasi racikan tersebut, semua produk Nusa Rasa akan memiliki rasa yang sama di semua toko milik Djournal baik di Djournal House maupun di Djournal Coffee. Namun, dia menyebut perbedaannya ada pada penggunaan espresso di dalam setiap outlet.

Di sisi lain, Rifan Rahman selaku Direktur Utama Swara Gembira menjelaskan bahwa kolaborasi ini melibatkan pihaknya dalam beberapa proses pembuatan konsep dan kurasi menu. Kedua proses ini melibatkan diskusi yang intensif dan ketat karena kriteria yang dimiliki komunitas gerakan anak muda tersebut.

Untuk kolaborasi ini, dia menekankan menu-menu yang telah dirancang oleh Djournal Coffee dalam sebuah katalog berdasarkan riset dan pengembangan tersebut harus memiliki identitas kuat dan saling menginspirasi secara wastra, termasuk pada nama-nama lokal yang dekat dengan masyarakat. Hal inilah yang membuat munculnya menu yang terkesan lokal secara nama, rasa, hingga bahan-bahan.

Selain kolaborasi dalam bentuk menu minuman, Djournal Coffee dan Swara Gembira juga terlibat dalam kampanye wastra yang dilakukan dalam medium pameran koleksi wastra di outlet Djournal Coffee dan peletakkan foto dan video di MRT. Rifan mengatakan bahwa kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa wastra dan kuliner memiliki keselarasan dalam warna.

Terkait dengan kehadiran menu ini, Rena Andriyani, Assistant Marketing Manager Djournal Coffee, mengonfirmasi bahwa menu ini akan hadir selama kurang lebih satu bulan sejak Agustus hingga September 2022. Nantinya, akan ada evaluasi terkait lini produk Nusa Rasa setelahnya, salah satunya jika ada pertimbangan beberapa menu dari Nusa Rasa yang bisa dimasukkan ke dalam menu reguler usahanya.

Menu-menu dalam Nusa Rasa Oat Series kini bisa ditemui di seluruh outlet Djournal Coffee dan Djournal House dengan harga Rp35.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Lukisan Perjuangan Kemerdekaan Begitu Hidup dalam Goresan Karya Pak Djon

BERIKUTNYA

Simak Spesifikasi Ponsel Vivo Y35 yang Segera Rilis di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: