Ilustrasi kehamilan (Sumber gambar: Jonathan Borba/Pexels)

Pasutri Harus Tahu, Ini Manfaat Akupunktur untuk Program Kehamilan

15 August 2022   |   20:27 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Akupunktur adalah teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil dan halus pada titik-titik tertentu di tubuh. Seiring waktu, teknik akupunktur telah beradaptasi menjadi salah satu cabang ilmu kedokteran modern yang disebut akupunktur medik.

Terapi pengobatan akupunktur medik diyakini dapat melancarkan aliran darah, memperbaiki energi pada tubuh, hingga membantu program kehamilan (promil). 

Dokter Spesialis Akupunktur Bamed, Athia Aparini, mengatakan salah satu upaya yang dapat mendukung promil yaitu dengan akupunktur. Dia menjelaskan seiring perkembangan ilmu pengetahuan, organisasi kesehatan dunia WHO sudah mengintegrasikan akupunktur dengan kedokteran konvensional, yang dikenal dengan akupunktur medik.

"Dengan perkembangan teknologi, penelitian tentang akupunktur dan program hamil pun semakin banyak dan terbukti efektif," katanya dalam satu diskusi virtual, belum lama ini.

Lebih lanjut, Athia mengatakan bahwa akupunktur terbukti secara penelitian dapat meningkatkan success rate atau tingkat keberhasilan terjadinya kehamilan, dan meningkatkan keberhasilan kehamilan hingga usia kehamilan aterm.

"Bahkan, pada penelitian IVF [fertilisasi in vitro], akupunktur meningkatkan keberhasilan dari 33 persen jadi 65 persen," terangnya.

Adapun, teknik akupunktur yang dapat digunakan untuk promil mulai dari penusukan manual (hanya jarum), penambahan elektrostimulator (dikenal dengan elektropunktur), atau dengan low level laser therapy pada titik akupunktur (disebut laserpunktur).
 

Kelly Sikkema

Ilustrasi kehamilan (Sumber gambar: Kelly Sikkema/Unsplash)

Manfaat Akupunktur untuk Promil

Dokter Athia menjelaskan akupunktur pun bisa berperan tidak hanya dalam program hamil alami, tetapi juga bisa meningkatkan keberhasilan pada  program inseminasi ataupun bayi tabung (IVF).

Adapun beberapa manfaat akupunktur dalam Promil, yaitu dapat meningkatkan mikrosirkulasi darah, pembuluh darah, dan persarafan pada organ reproduksi.

Dokter Athia memaparkan secara sentral, akupunktur bekerja dalam keseimbangan hormon reproduksi baik wanita dan pria, termasuk mengurangi stres dan kecemasan yang berpengaruh dalam sistem reproduksi.

Selain itu, akupunktur juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pada pria, papar Dokter Athia, akupunktur akan memberikan efek pada perbaikan kualitas sperma, baik dari jumlah, pergerakan atau bentuk.

Sementara pada wanita, efek akupunktur dapat membantu menormalkan siklus haid, mengoptimalkan folikel dan ketebalan dinding rahim di masa subur, sehingga meningkatkan keberhasilan implantasi.
 

Persiapan sebelum Akupunktur

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pasangan sebelum menjalani terapi akunpunktur untuk promil. Dokter Athia menjelaskan secara ideal, pasangan sudah melakukan beberapa pemeriksaan ke dokter kandungan dan andrologi sebelum menjalani akupunktur.

Saat melakukan pemeriksaan, lanjutnya, setiap pasangan juga sudah memutuskan apa promil yang akan dijalankan. Selain itu, pasangan juga disarankan untuk membawa hasil analisis sperma terbaru, minimal dalam kurun waktu 3-6 bulan.

Terkait waktu pelaksanaan, Dokter Athia menegaskan tidak ada waktu terbaik untuk melakukan akupunktur, termasuk tidak perlu menunggu haid ataupun menunda karena sedang haid. Kapanpun sudah melakukan pemeriksaan, setiap pasangan bisa melakukan akupunktur untuk promil.

"Yang paling penting menjalankan program kehamilan dengan konsisten dan disiplin, agar kita bisa mencapai efek akupunkurnya itu secara optimal," imbuhnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

7 Destinasi Wisata Kuala Lumpur yang Wajib Kalian Kunjungi

BERIKUTNYA

Cek Aturan Terbaru Bepergian dengan Kereta Api Jarak Jauh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: