Ilustrasi orang kidal. (Sumber gambar: Unsplash/Kelly Sikkema)

4 Fakta tentang Hari Kidal Internasional yang dirayakan Tiap 13 Agustus

13 August 2022   |   12:51 WIB

Sebagian penduduk dunia merupakan pengguna tangan kiri atau kidal. Hingga 2021, setidaknya para ahli menemukan sekitar 12 persen dari penduduk dunia menggunakan tangan kiri sebagai tangan dominan. Beberapa di antaranya adalah pesohor seperti politikus dan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan aktor Keanu Reeves.

Untuk merayakan keunikan sekaligus kesadaran akan berbagai kelebihan dan kekurangan orang-orang kidal, Hari Kidal Internasional akan jatuh setiap tanggal 13 Agustus di seluruh dunia. Yuk simak beberapa fakta tentang perayaan internasional ini.

Karakter Nedward "Ned" Flanders Jr., dari animasi The Simpons, dikenal sebagai orang kidal. (Sumber gambar: Matt Groening)

1. Tingkatkan kesadaran terhadap orang kidal

Tidak hanya merayakan berbagai keunikan dari orang kidal, Hari Kidal Internasional juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran terhadap berbagai kelebihan dan kekurangan serta isu yang dihadapi orang kidal. Beberapa di antaranya adalah adanya kebutuhan khusus untuk anak-anak kidal serta risiko kesehatan seperti skizofrenia.
 

2. Kelebihan dan kekurangan orang kidal

Pengguna tangan kiri sebagai tangan dominan memiliki beberapa kelebihan. Melansir Better Health Channel, kelebihan yang mereka punya ada pada variasi olahraga yang lebih mudah dikuasai seperti anggar dan tinju karena pengguna tangan kanan tidak terbiasa melawan orang kidal.

Namun, orang kidal justru memiliki kekurangan dalam beberapa hal. Untuk menulis, mereka akan memiliki kesulitan karena metode menulis dari kiri ke kanan membuat orang kidal justru kesulitan karena harus bisa menulis tanpa membuat kotor kertas akibat tinta serta metode pembelajaran menulis yang mengharuskan mereka menulis dari belakang ke depan.

Dalam segi penggunaan alat, orang kidal akan kesulitan menggunakan beberapa barang seperti gunting serta gergaji lingkaran yang berisiko pada kecelakaan akibat desain barang yang hanya aman jika digunakan dengan tangan kanan.
 

3. Beragam penyebab kidal

Seseorang yang kidal bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari genetika hingga masalah penyesuaian dan kesehatan. Untuk penyebab genetika, biasanya ada karena faktor keturunan yang kemudian ditambah dengan pengaruh pembelajaran dan lingkungan terdekatnya. Namun, secara genetik ada banyak sel yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi kidal.

Lalu ada juga penyebab dari jenis kelamin dengan lebih banyak laki-laki yang kidal dibanding perempuan. Hal ini bisa disebabkan karena pengaruh hormon testosteron yang memberikan pengaruh pada penggunaan tangan kanan dan kiri. Ada juga penyebab dari perkembangan sejak masa janin yang juga berkontribusi pada hal tersebut.

Penyebab lainnya ada pada peniruan yang dilakukan oleh sang anak dari orang tuanya serta penyesuaian secara alami oleh anak-anak sejak kecil. Terakhir, ada juga penyebab karena adanya cedera pada otak yang menyebabkan seseorang menggunakan tangan kirinya meski penyebab ini masih belum dibuktikan secara ilmiah.
 

4. Penelitian tentang orang kidal masih berlanjut

Ada beberapa hal yang belum terjawab dari penelitian terkait dengan orang-orang kidal. Pertama adalah dugaan bahwa sisi otak dan pengaruhnya terhadap penggunaan sisi bagian tubuh yang dominan. Meski belum ada jawabannya, peneliti menduga fungsi tubuh lain yang dikendalikan di dalam otak ada kaitannya dengan dominasi tersebut.

Kedua, beberapa orang kidal bisa menggunakan kedua sisi tangannya untuk aktivitas tertentu. Orang kidal bisa saja menggunakan tangan kiri yang dominan untuk aktivitas harian rutin dan tangan kanan untuk aktivitas lain. Kondisi ini disebut juga sebagai ambideksteritas.

Contohnya adalah anggota The Beatles, Ringo Starr, yang bermain drum dengan tangan kanan, Keanu Reeves yang bermain bass dengan tangan kanan, serta Lady Gaga yang bermain gitar dengan tangan kanan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Film & Serial Disney+ Hotstar Agustus 2022

BERIKUTNYA

6 Tips Menciptakan Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: