Ilustrasi seseorang yang menulis dengan tangan kiri- Brad Neathery (Dok. Unsplash)

Hari Tangan Kiri Internasional, Simak Fakta-Fakta Menarik Para Kidal

13 August 2021   |   21:14 WIB

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, melakukan sesuatu dengan tangan kiri (kidal) masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan bahkan tabu. Padahal, jumlah orang-orang kidal mencapai 7 persen-10 persen dari populasi dunia dan sampai saat ini, keberadaan mereka masih belum diterima sepenuhnya.

Namun, sejak 13 Agustus 1992, sebuah komunitas di Inggris berinisiasi untuk meluncurkan International Left-Handers Day atau Hari Tangan Kiri Internasional. Perayaan tahunan itu bertujuan untuk membuat kepedulian publik tentang kesulitan yang dihadapi kelompok kidal serta mempertimbangkan kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk merayakan Hari Tangan Kiri Internasional, berikut ini beberapa fakta menarik yang telah dirangkum Hypeabis.id tentang kidal yang perlu kamu ketahui. Simak yuk.

1. Banyak tokoh dunia adalah kidal
Dari seniman Leonardo da Vinci hingga mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama, ada banyak pemimpin brilian yang mengalami kidal. Mereka telah membuktikan bahwa dengan kondisi kidal, mereka tetap bisa menggunakan cara kreatif mereka untuk memimpin dan menginspirasi banyak orang menjadi yang terbaik di bidang pekerjaan apapun yang dimiliki.
 

 Kinga Cichewicz

Ilustrasi seseorang yang menulis dengan tangan kiri- Kinga Cichewicz (Dok. Unsplash)


2. Konektivitas otak yang unik
Meskipun masih banyak perdebatan, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang kidal tampak dominan di bidang seni dan kegiatan kreatif serta kegiatan olahraga. Sebuah studi di Oxford juga menemukan bahwa pada orang kidal, otak lebih terkoordinasi daripada mereka yang tidak kidal.

3. Unggul dalam bidang olahraga
Ketika semua orang berolahraga dan bertanding dengan sisi kanan mereka, orang kidal justru memiliki keuntungan untuk membingungkan lawan dan menguasai permainan atau pertandingan olahraga untuk menaklukan lawan. Biasanya para kidal akan unggul dalam olahraga seperti tinju dan seni bela diri lainnya.

4. Memiliki komunikasi verbal yang lebih baik
Menurut survei yang dilakukan, orang kidal tampak lebih baik dalam komunikasi verbal daripada yang tidak kidal. Selain itu, beberapa studi juga mengatakan bahwa orang kidal memiliki keunggulan kognitif yang memudahkan mereka untuk memahami dan merespons dengan cara yang tepat.

So, selamat Hari Tangan Kiri Internasional Genhype!

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

4 Cara Asyik Membangkitkan Mood saat Kerja dari Rumah

BERIKUTNYA

Penyanyi & Musisi Ressonited Rekam Ulang Lagu Zamrud Khatulistiwa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: