Durian (Sumber gambar: Jim Teo/Unsplash)

10 Tip Memilih Durian yang Matang, Manis & Banyak Dagingnya

11 August 2022   |   10:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Cium Aromanya

Aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian.

Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung kalian. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.
 

7. Lihat Bagian Atasnya

Jika kalian hendak membeli durian, cek juga bagian atas buahnya. Bila tangkai tidak bergetah atau sudah kering maka durian sudah lama diambil dari pohon. Sebaiknya, carilah durian yang masih bergetah di bagian atasnya yang menjadi pertanda buah itu baru saja diambil dari pohon.
 

Durian (Sumber gambar: Gliezl Bancal/Unsplash)

Durian (Sumber gambar: Gliezl Bancal/Unsplash)


8. Pilih Kulit yang Belum Terbuka

Saat membeli durian, banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Tak sedikit yang akhirnya memilih untuk membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Mungkin kalian bisa mendapatkan durian berwarna kuning jika membeli buah yang kulitnya sudah terbuka, tetapi rupanya rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Sebab, ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.
 

9. Warna Durian

Dalam memilih durian, warna dari buah tersebut tak sepenuhnya penting. Sebab,  warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Terdapat tiga warna durian yang biasa ditemui yakni hijau, kuning, dan coklat. Kulitnya yang berwarna hijau tak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya dari jenis durian tersebut.

Adapun untuk yang berwarna cokelat bisa dipastikan buah durian tersebut sudah matang. Meski begitu, warna kulit durian tidak mempengaruhi kualitas daging buahnya.
 

10. Musim yang Tepat

Belilah durian saat musim panas. Sebab, durian yang dipanen pada saat musim hujan umumnya memiliki daging buah yang tidak terlalu manis. Apabila kalian ingin mendapatkan durian dengan daging yang manis dan legit, belilah durian saat musim kemarau.



Editor: Roni Yunianto 

 
1
2


SEBELUMNYA

Ekstrakurikuler & Kepemimpinan Jadi Kunci Penting Lolos Seleksi Kampus Luar Negeri

BERIKUTNYA

Bintang Gandeng Irukandji, Berkolaborasi Meluncurkan 33 NFT

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: