Sofa Multifungsi (sumber gambar JIBI)

Siasati Ruang Sempit dengan Sofa Multifungsi

06 August 2022   |   20:22 WIB

Hunian  sederhana  dengan  lahan  yang  terbatas  membutuhkan ide-ide  yang kreatif dan cermat untuk tampil elegan dan modern. Salah satu yang penting diperhatikan adalah pemilihan furnitur. Ruang sempit membuat kalian perlu lebih teliti memperhatikan jenis, dan model furnitur yang digunakan.

Tujuannya, tentu saja agar ruangan minimalis menjadi terlihat luas dengan menghadirkan furnitur yang memiliki banyak fungsi. Salah  satu jenis furnitur yang dapat digunakan untuk menimbulkan efek luas adalah sofa.

Beberapa desain berikut bisa menjadi ide  Anda dalam menentukan sofa yang tepat sesuai kebutuhan agar dapat menghemat ruang. Bentuk sofa yang dapat dipilih adalah sofa multifungsi.

Interior Design Dina Hartadi menuturkan  cara yang paling tepat untuk menampilkan kesan yang lebih luas pada sebuah ruang dapat dilakukan dengan pemilihan ukuran furnitur yang tepat.

Dina  menyarankan untuk ruangan yang sempit perlu dihindari furnitur dengan ukuran besar. Jika pun ada penambahan perabotan maka sebaiknya diterapkan dengan pola padu padan.

Pola ini dapat dilakukan pada sofa yang  memiliki desain yang simpel, ringan, dan  memberikan aksen yang bagus dalam sebuah ruang. Sofa multifungsi biasanya memiliki kompartemen atau ruang yang dapat  digunakan sebagai tempat penyimpanan, atau  beragam kegunaan.

Ruang penyimpanan yang menjadi satu dengan sofa membuat pemilik rumah tidak lagi perlu meletakkan perabotan tambahan di dalam rumah. Beberapa referensi menyoal sofa multifungsi dapat dilihat dari desain  Slot Sofa karya Matthew Pauk. 

Desain karya Pauk  mengombinasikan sofa dengan satu set meja kopi yang dapat diselipkan dalam bagian sofa. Meja kopi dan dua bantalan sofa dapat dikeluarkan ketika dibutuhkan. Slot sofa tampil dengan desain yang simpel, tapi menekankan pada fungsi pada tiap bagiannya.

Kombinasi sofa dan meja juga dilakukan desainer Fanny Adam. Pada sisi belakang sofa multifungsi ini terdapat meja yang langsung  menempel pada sofanya.

Sementara itu, tempat penyimpanan  tersembunyi di bawah sofa. Ragam fungsi  dalam satu desain sofa ini dapat menjadi  pilihan yang tepat untuk menyiasati ruangan  yang sempit.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pesona Arsitektur Kolonial di Masjid Nur Sulaiman

BERIKUTNYA

Yuk Jelajahi Hutan & Goa Batu Karst di Desa Hidden Gem Maros

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: