Kuala Kencana (Sumber gambar: Ric snt/YouTube)

5 Fakta Menarik Kuala Kencana, Distrik Modern & Asri di Papua

02 August 2022   |   07:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like

4. Pemukiman Rapi dan Berwawasan Lingkungan

Begitu memasuki kawasan ini, akan terlihat tata letak setiap rumah mulai dari jarak hingga lokasinya dibangun dengan rapi serta tetap mengutamakan keberadaan pohon-pohon rindang sehingga tidak merusak kawasan hutan yang ada. Berkat keberadaan kawasan hutan di tengah pemukiman itu pula, Kuala Kencana memiliki instalasi pengolahan air (water treatment plant) dengan standar air bersih yang tinggi dan aman untuk diminum secara langsung.

Jika memasuki kawasan tersebut, tata kelola pemukimannya terkesan serupa dengan pemukiman yang terbagi menjadi beberapa blok lengkap dengan halaman luas seperti halnya kawasan pemukiman ala negara-negara barat.

Selain itu, di kawasan ini pula nyaris tidak ada sampah berserakan atau menumpuk yang terlihat, karena masyarakat setempat memiliki rasa tanggung jawab tinggi dan sudah memiliki pemahaman bahwa kebersihan adalah tanggung jawab bersama.

 



5. Terdapat fasilitas Modern

Dengan keberadaan kawasan yang modern, fasilitas yang terdapat didalamnya juga tak kalah lengkap dengan fasilitas publik yang berada di sejumlah kota-kota besar atau kawasan pemukiman padat penduduk lainnya di Indonesia. Padahal, jarak antara distrik Kuala Kencana dengan Ibukota Kabupaten Mimika terbilang cukup jauh yakni sekitar 20 kilometer.

Beberapa fasilitas umum yang terdapat di distrik Kuala Kencana seperti rumah ibadah, sarana olahraga layaknya kolam renang, lapangan golf, lapangan sepak bola, lapangan badminton, lapangan futsal, sekolah berstandar internasional, hingga supermarket dan pusat perbelanjaan.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Catat, Ini 5 Asuransi yang Wajib Dimiliki Milenial

BERIKUTNYA

5 Makanan & Minuman Olahan Buah-Buahan untuk Anak ala Nirina Zubir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: