Ilustrasi dark chocolate. (Dok. Charisse Kenion dari Unsplash)

Wah! Ini 3 Manfaat Dark Chocolate bagi Kesehatan

07 July 2021   |   10:51 WIB

Manfaat dark chocolate atau cokelat pekat bagi kesehatan tidak bisa disepelekan. Cokelat ini merupakan salah satu jenis cokelat dengan kandungan kokoa minimal 70%, yang memiliki rasa pahit karena tidak mengandung tambahan pemanis selain pemanis alami.

Selain itu, cokelat ini juga mengandung sekitar 22 miligram kafein dibandingkan dengan cokelat susu atau cokelat putih.

Meski cokelat pekat memberikan manfaat baik bagi tubuh seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kolesterol, dan mengurangi risiko kanker tertentu, tetapi konsumsi cokelat pekat juga berbahaya jika dilakukan dengan jumlah yang melebihi batas standar.

Hadir dengan kandungan flavonol, komponen sejenis polifenol, yang lebih banyak ketimbang cokelat susu dan cokelat putih, berikut tiga manfaat dari mengonsumsi cokelat pekat.

1. Tingkatkan peredaran darah
 

Ilustrasi pemeriksaan darah. (Dok. Mufid Majnun dari Unsplash)

Ilustrasi pemeriksaan darah. (Dok. Mufid Majnun dari Unsplash)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonol bisa mendukung produksi oksida nitrat di lapisan dalam pembuluh darah yang bisa meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Inilah yang kemudian berdampak pada kesehatan jantung.

Akan tetapi, manfaat ini diketahui berdasarkan studi jangka pendek sehingga konsumsi cokelat dalam jangka panjang bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

2. Bisa kurangi risiko diabetes
 

Ilustrasi diabetes. (Dok. Diabetesmagazijn.nl dari Unsplash)

Ilustrasi diabetes. (Dok. Diabetesmagazijn.nl dari Unsplash)

Konsumsi cokelat pekat bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa berdampak jangka panjang pada pencegahan diabetes. 

Ini terungkap pada sebuah penelitian terhadap suku Indian Kuna dari Pantai Karibia di Panama yang menunjukkan rendahnya risiko diabetes, stroke, hingga kanker yang terkait dengan konsumsi kokoa yang kaya akan flavonol.

3. Meredakan sembelit
 

Ilustrasi sembelit. (Dok. Andrea Piacquadio dari Pexels)

Ilustrasi sembelit. (Dok. Andrea Piacquadio dari Pexels)

Dengan kandungan magnesium, cokelat pekat bisa membantu menenangkan otot di dalam sistem pencernaan dan bisa membantu pergerakan di dalam usus.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Nintendo Umumkan Konsol Switch dengan Layar OLED

BERIKUTNYA

TikTok Hapus Lebih dari 7 Juta Akun Anak Di Bawah Umur, kok Bisa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: